Sunday, January 3, 2016

Currant Scones

Hari minggu, itu adalah waktu yg sangat tepat banget buat gw baking untuk keluarga kecil gw ini.. Di saat mereka masih tidur dan gw sudah bangun tapi ga tau harus ngapain, jadi baking adalah pelarian gw untuk mengisi waktu.. Rasanya seneeengg banget bangunin mereka dengan wangi panggangan roti atau kue2.

Hari minggu kali ini gw bikin scones, scones itu sejenis roti atau kue tapi dengan proses yg sangat cepat dalam pembuatannya. Karena ga perlu ragi/yeast dan ga perlu di mixer segala, cukup menggunakan tangan atau pastry cutter, dan untuk bahan pengembangnya cukup menggunakan baking powder.  Kue scones ini kue khas dari negara Inggris, mereka biasa makan kue ini sebagai teman minum teh. Biasa di sajikan bersama cream atau strawberry jam atau selai strawberry. Tapi gw biasa makan tanpa itu semua, langsung makan begitu saja. Kue ini tidak terlalu manis.. Ini yg gw suka, jadi bisa makan berkali2 tanpa terasa eneg..

Cukup sudah  bicara tentang scones..  O iya ada banyak resep scones, cuma yah gw sudah sangat senang dg resep gw ini.. Ud bertahun2 gw sll pakai.. Jadi resep2 yg ada di blog ini adalah udah resep2 pilihan gw atau resep2  favorit. Resep ini kalo ga salah gw dapat dari Gourmet Magazine tapi sayangnya magazine itu ud ga beredar.

Resep ini bisa di bikin doble.

1/2 cup kismis
1 cup tepung terigu
1 tsp baking powder
Garam
2,5 tbs gula pasir
65 gr butter yg dingin
6 tbs cream  plus 1 atau 2 sendok utk di oleskan ke atas scones sebelum di panggang.
(kalo terpaksa, ga ada cream boleh lah di ganti susu cair cuma memang lebih rich kalo pake cream yah lebih enak)


Ayak terigu, masukan garam, baking powder dan 2 sdm gula,  kemudian masukan butter, campur adonan tersebut dg menggunakan pastry cutter atau hanya dg jari2 tangan campur hingga butter dan terigu tercampur rata dan akan menjadi butiran2 dan sebagian ada yg sebesar pea. Kemudian masukan cream atau susu cair, aduk dg menggunakan garpu hingga adonan menyatu dan lengket. Kemudian masukan kismisnya. Campur rata.

Kemudian taro di meja yg sudah di taburi terigu, bentuk bulat2  atau segitiga, bentuk apa ajah bisa. Kemudian oleskan dg cream dan taburi gula pasir di atasnya.

Siap di panggang 180 derajat sekitar 25-30 menit. Tergantung ketebalan yah.. Bisa jg lebih kalo agak tebal.

Hidangkan selagi hangat. Lebih enak, tapi kalo sudah dingin gpp juga sih.. Hidangkan bersama butter atau jam/selai.

3 comments:

  1. Wah ini yang aku cari2 mba dona krna kalo saya beli di st*rb*ck mahal banget dan hnya bisa makan 1x resep mba dona gak pake ribet pula makasih mba atas resep2 nya semoga mba dina selalu sehat Aminn

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp sama2 mbak, iya memang gampang buatnya mba, kayaknya enakan ini deh drpd di st.b*ck hehe..

      Delete