Monday, December 28, 2015

My favorite Chocolate Mousse

Mousse au chocolate

Orang eropa seneng banget dengan chocolate mousse. Jadi pertama kali bikin chocolate mousse tuh yah karena untuk acara makan malam di rumah, karena kita ngundang tamu orang swiss. Uuh tahun berapa yah, kayaknya ud bertahun2 lalu.. Karena hobby baking ini udah muncul sejak anak2 masih kecil. Sedangkan sekarang anak2 gw ud gede. Gw menemukan resep ini adduuhh dimana yah lupa.. Karena ini tulisan tangan gw.. Biasanya kalo gw nyari resep tuh dg baca2 buku, majalah atau sekarang sih lebih sering nge Google yah.. Trus kalo kata laki gw sih.. Gw jeli banget kalo liat resep.. Or punya feeling mana yg enak dan nggak.. Tapi kadang gw jg banyak berexperimen, nyoba2 dg menambah atau mengurangi, atau mengganti bahan. Kalo resep mousse au chocolate ini sih kayaknya ga gw ubah2.. Cuma alkohol gw ilangin sama sedikit gula gw kurangin krn ga pake alkohol itu makanya gula harus berkurang. Trus karena dr dulu gw sudah senang banget dg resep chocolate mousse ini, makanya gw ga bisa ke lain hati.. Padahal begitu banyak macam2 resep utk chocolate mousse ini. Tapi gw tetep bertahan dg resep ini.. O iya.. Kalo mau chocolate mousse nya enak.. Lagi2 harus pake chocolate yg enak.. Biar rasanya enak, kalo gw pake chocolate yg gw suka makan tanpa di apa2in, jd gw ga pake cooking chocolate.. Gw pake chocolate batangan biasa aja, yg bukan special utk di masak, nah kalo utk baking, favorit gw lindt 70%

170 gr semisweet chocolate
4 btr telur di pisahkan kuning dan putihnya
125 gr gula pasir
1/4 cangkir air kopi
110 gr softened butter (potong dadu)
1/4 tsp cream of tartar (bisa di hilangkan)
Garam

1/2 cangkir heavy cream (bisa di hilangkan atau di pakai, selera kita saja)


Cara membuat :

Cincang atau cacah coklat batangan, kemudian di lelehkan dg cara di tim. Angkat Dan masukan butter ke dalamnya. Aduk2 hingga tercampur rata.

Kocok kuning telur hingga pucat dan berbusa. Masak gula dg air kopi hingga gula larut. Kemudian tuangkan ke dalam kocokan kuning telur tadi pelan2 Sambil terus di kocok.
Lalu nyalakan kompor dan panaskan masak air dg api kecil hingga panas, kemudian kecilkan api, taro mangkok kocokan kuning telur tadi yg sudah di campur kopi dan gula di atasnya, aduk2 terus dg ballon whisk sampai kocokan kuning telur tadi berubah warna menjadi pucat dan agak mengental, kurang lebih 8-9 menit. Kemudia matikan kompor, pindahkan ke mangkok lain, dan lanjutkan mengocok dg hand mixer sampai agak dingin. Kurang lebih 5 menit.
Setelah itu (fold chocolate mixture) masukan campuran chocolate dan butter ke dalam kocokan kuning telur, dg di aduk perlahan. Sisihkan.

Sementara itu kocok putih telur dg cream of tartar hingga kaku kemudian, masukan 1/4 kocokan putih telur ke dalam campuran kuning telur dan chocolate tadi. Kemudian perlahan2 masukan semua kocokan putih telur perlahan2. Selesai sudah, kemudian bisa di taro di gelas2 atau mangkok penyajian yg besar. Tinggal di sendokin kalau mau di hidangkan.

Nah simpan chocolate mousse ini di kulkas dg di tutup plastik hingga set.

Kita bisa menghidangkN chocolate mousse ini dg whipped cream tapi bisa juga tanpa whipped cream.
Kalo mau dengan whipped cream, kocok whipped cream kemudian spuit whipped cream di atas chocolate mousse.

No comments:

Post a Comment