Thursday, December 10, 2015

Putri Mandi





Putri mandi..

Hehe ga tau tuh kenapa namanya putri mandi.. Padahal sih sebenernya itu kue yah kue bugis atau biasa di sebut juga mendut, trus di siram dg santan kanil yg di masak dg daun pandan dan di beri sedikit tepung beras supaya mengental.. Tapi tadi sih waktu gw bawa kue itu ke pengajian eeeh ada temen yg nyelutuk ini sih bukan putri mandi susu, tapi putri mandi *perma" hahaha.. Abis warna santannya itu lho keliatan banget kayak *perma :D
Padahal tadi bikinnya belon mandi lho, biar aja lah yg penting kuenya udah mandi hehe..
Nah tadi ada teman dr Singapore  dia bilang di singapura kue ini di sebut kuih badak berendam..  Hadehh kue cantik2 begini di namain badak berendam haha..
Eh tapi tadi pas aq bawa ke pengajian sih aq ga taro kue itu di takir daun pandan satu2.. Melainkan aq langsung taro di pinggan/pyrex kemudian aq siram saus santannya.. Begitu lebih cepat, tapi kalo ada waktu.. Kenapa nggak bikinin takir pandanya..

Anyway.. Pertama2 yg harus kita siapkan adalah adonan isinya..

250 gr kelapa parut.
100 gr gula merah
 50 gr gula pasir
2 sdm tepung ketan
Garam
1 sdt Vanilla
1 daun pandan

Cara membuat isi..
Masak semua bahan dg api kecil kecuali tepung ketan, setalah hampir matang baru masukan tepung ketannya, masak terus hingga matang, dan menyatu.

Setalah adonan isi jadi, sisihkan. Kita menyiapkan bahan2 untuk kuenya :


250 gr tepung ketan
1 sdm tepung tapioka
300 cc santan (kurang lebih)
Garam
Pewarna hijau, atau air daun suji/pandan secukupnya. Kalo boleh kasih saran sih sebaiknya jangan pake pewarna beli..melainkan pake air daun pandan atau suji, karena hasil kuenya akan jauh lebih enak, kalo pake pewarna alami.
(Bisa juga lho di kasih warna merah kalo mau)

Cara membuat
Campurkan tepung ketan, tepung tapioka, garam bersama santan tuangkan santan sedikit2 sambil di aduk2 hingga tidak lengket atau adonan bisa di pulung. Setelah itu beri pewarna, (tadi sih aq pake tepung ketan yg sudah berwarna hijau, jd ga perlu kasih pewarna lagi)
Di situ aq bilang santan kurang lebih, karena kita hanya membutuhkan santan supaya tepungnya menggumpal dan bisa di pulung2.. Trus apabila di tengah2 pembuatan adonan mengering bisa tambahkan 1/2 sdm santan. Begitu seterusnya. Pokoknya adonan itu enak aja buat di pulung.
Kemudian ambil kira2 1 sdm adonan, pipihkan beri 1 sdt isi, bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
Panaskan kukusan, alasi dg daun pisang dan olesi minyak, tapi tadi aq sih pake kertas roti, karena ga punya daun pisang, dan ga pake minyak, cukup kertas roti ajah. Kukus bugis/mendut hingga matang. Angkat.
Hidangkan bugis dalam takir daun pandan satu persatu, atau hidangkan semua bugis dalam pinggan/pyrex dan siram dg saus santan.

Cara membuat saus santan

Duh sebetulnya suka2 aja sih berapapun banyak santannya, kira2 ajah. Tapi tadi gw pake

400 ml santan
Garam
1 sdm tepung ketan yg di larutkan dg 2 sdm air.

Masak semua bahan hingga mengental dg api kecil.

Ga pake gula lagi, karena kuenya udah cukup manis.

Happy cooking..

No comments:

Post a Comment