Friday, December 25, 2015

My Favorite Cinnamon Rolls

My favorite Cinnamon Roll

Hari minggu tanpa roti buatan sendiri serasa ada yg kurang.... Membangunkan keluarga dengan semerbak wangi roti yang di panggang.. Pemberian seorang ibu kepada keluarganya.. Memasak dan membuat makanan sendiri yg di olah dg penuh rasa cinta.. Dan cinnamon roll salah satu roti yang amat di sukai mutiara dan iman..
Dan the best thing about this.. Gw bisa siapin adonannya malam2.. Sebelum tidur, trus masukin ke kulkas.. Nah pas pagi2 gw bangun untuk sholat subuh adonan yg sudah gw siapkan semalam akan gw keluarkan dari kulkas, dan taro di tempat yg hangat.. Selama 1-2 jam, tergantung, pokoknya sampe roti itu mengembang bagus. Dan selanjutnya di panggang, and right before the kids wake up, rotinya matang. Pas banget sebelum anak2 bangun rotinya matang, jadi pas anak3 bangun roti hangat fresh from the oven siap di hidangkan.
Dan gw share resep favorite gw.. Sudah banyak yg coba cinnamon roll ini, terutama orang2 yg pernah nginep di rumah, karena gw suka banget menghidangkan roti ini untuk sarapan mereka. Atau sebagai makanan ringan yang di hidangkan sore2 sambil minum teh atau kopi di rumah.

Anyway ini resepnya..

1 pak ragi/yeast/fermipan
1/4 cup air hangat
120 gr butter
65  gr gula pasir
1 sdt garam
1 cup susu cair
2 butir telur
500-550 gr tepung terigu

Untuk isian
50 gr butter (di cairkan)
Brown sugar secukupnya untuk di taburkan ke roti sebagai isian, lihat di foto. Kalo ga punya brown sugar pake gula pasir biasa jg gpp. Gw ga pernah ukur berapa banyak gw taro gula. Secukupnya ajah.
Bubuk kayu manis jg secukupnya utk di taburkan di atas gula
Raisin atau kismis, juga suka2 aja berapa banyak mau pake.

Frosting
1 cup gula bubuk
1 tbs butter (optional, boleh ga di pake)
1 tsp vanilla
2 tbs susu cair atau bisa juga di ganti dg air jeruk lemon.


Cara membuat :

Taro air hangat ke raginya, tunggu kira2 5-10 menit.

Hangatkan susu, tuangkan ke butter, hingga butternya akan menjadi mencair, tambahkan gula dan garam. Tunggu agak dingin, kemudian masukan ragi yg telah di campur dg air tadi, dan masukan telur, aduk2 rata.. Kemudian masukan terigunya sebagian demi sebagian, uleni adonan itu, adonan ini memang akan sangat lembut dan lengket.. Tapi gpp tetap lakukan pengulenan, sampai elastis dan smooth (halus)  setelah cukup elastis dan smooth, ambil adonan tersebut dan taro di mangkok yg sudah di olesi oleh minyak goreng. Diamkan adonan hingga mengembang 2x lipat, kira2 1-2 jam, tergantung suhu udara.
Setelah itu, pencet adonan dan letakan di permukaan meja untuk di roll membentuk persegi panjang. Setelah itu, tuangkan butter yang sudah di cairkan sepanjang permukaan adonan, kemudian taburkan brown sugar atau gula pasir secukupnya juga sepanjang permukaan adonan, kemudian bubuk kayu manis dan terakhir taro kismis seluas permukaan adonan. Setelah itu adonan siap di roll. Setelah di roll, dg menggunakan pisau potong adonan setebal 2,5 sampai 3 cm, setelah semua terpotong, letakan di loyang boleh loyang bundar atau persegi yang sudah di siapkan sebelumnya (yaitu dg dilapisi butter dan terigu) letakan 1 di tengah2 dan sisanya di sekeliling loyang. Di sini di perlukan 2 loyang bundar.
Nah setelah ini bisa di masukan ke kulkas, atau langsung diamkan di suhu hangat selama 1-2 jam tergantung suhu udara. Sampai mengembang bagus.

Setelah itu panggang selama 20 menit 175 derajat celcius

Frosting

Campur semua bahan dan aduk2 kalo kurang susu atau gula bisa di tambahkan, sesuai konsistensi yg kamu pingin, karena jujur gw ga ukur2 kalo bikin frosting ini, suka2 ajah, nah setelah semua tercampur rata. Taro di atas roti yang masih hangat.

Dan roti siap di hidangkan..

No comments:

Post a Comment