Sunday, November 29, 2015

Clementines Tart

Clementines tart...

Uuhhh mau ada tamu, ga ada ide mau bikin dessert apa.. Akhirnya suami bilang, ok nanti gw liat dan gw beli..ada buah2 apa yg bagus dan keliatan enak yg lagi musim Di supermarket and play with it.. Di kira gw pastry chef nya dia kali yah.. Di suruh ciptain dessert..  Tapi gw cuma bisa bilang ok.. Dan ternyata dia membawa pulang buah clementines.. Hadeeehhh.. Mau di apain ini jeruk?.. Tambah bingung deh.... Tapi Alhamdulillah ga terlalu lama gw mikirnya.. Gw cuma mikir tamunya itu orang swiss, dan mereka suka dessert yg agak2 creamy, Sedangkan suami ga gitu suka yg terlalu creamy, akhirnya muncul ide bikin pastry cream aja deh.. Trus taroin clementine.. Hmm tapi masa cuma pastry cream ajah, kayaknya perlu sesuatu sebagai alasnya.. Akhirnya bikin tart aja deh, dan bikin tart yg gampang aja, pake graham crackers. Maka terciptalah dessert ini, dan gw namain aja clementines tart, Dan hasilnya tamunya ga berenti2 bilang super enak.. Dan itu tart segitu gede langsung habis.. Dlm waktu 10 mnt. Gw sampe malu sendiri di puji2 terus.. Otomatis gw sebagai orang Indonesia yg ga biasa dg pujian menolak pujian, trus suami bilang just accept the compliment dona, it's really great dessert.
Nah maka dari itu gw share dessert ini buat temen2 yg mau bikin untuk tamu atau keluarga..

Bahan2 yg di butuhkan.
1. Bikin tart nya.
200 gr graham crackers
125 gr melted butter
2 sdm sugar

Hancurkan graham crackers, kemudian campur gula dan masukan butter yg sudah di lelehkan, campur semua jadi satu, kemudian taro di pie dish yg sudah di beri butter, tekan2 remahan campuran graham crackers tersebut di pie dish, kemudian panggang 10 menit dg suhu 175 derajat celcius.


2. Pastry cream
1 l susu cair
10 kuning telur ( kalo kebanyakan boleh kurangin 2)
200 gr gula
Vanilla
85 gr terigu

80 gr dark chocolate

*Buah2an, terserah pake buah apa ajah..

Cara membuat pastry cream

Masak susu dg 100 gr gula dan vanilla, hingga mendidih, angkat.
Sementara memasak susu, campur kuning telur bersama 100 gr gula, kemudian masukan terigunya aduk rata.
Lalu masukan susu yg sudah panas tadi ke dalam campuran kuning telur sedikit demi sedikit hingga semua susu sudah tercampur, kemudian masak  kembali susu yg sudah di campur kuning telur, dg api sedang saja, masak hingga mengental, kemungkinan hanya 2 menit saja. Angkat, o iya kemaren sebagian gw ambil 1/3 dr pastry creamnya gw tambahin dark chocolate selagi panas, ud tentu dark chocolate nya di cacah dulu yah di potong kecil, jadi pas di masukan ke pastry cream yg panas langsung meleleh. Dan pindahkan sisa pastry cream ke wadah lain, dinginkan.

Setelah dingin, taro di tart yg sudah kita siapkan.. Pertama masukan chocolate pastry creamnya, setelah itu yg vanilla. Jd ada 2 rasa dalam 1 tart.  Kemudian masukan kulkas sebelum di sajikan.. Dan sesaat sebelum di sajikan taro clementines di atas tart tersebut. Uuh karena ga boleh pake gelatine, (krn gw islam, jadi ga makan gelatine) jd tartnya ga gw pakein gelatine di atas clementines tersebut. Kalo di kasih gelatine mungkin akan lebih cantik. Dan gw ga coba pakein agar, adduh ud ga ada waktu lagi..

Anyway.. Selamat mencoba, semoga puas dg dessert ini..
O iya, kalo buahnya mau di ganti dengan buah2 lain juga gpp lho..

5 comments:

  1. hai mbak dona,salam kenal
    mbak, mau tanya kalo utk graham crackers, di indonesia itu sama ky marie regal ya?atau apa ya?
    thanks for answer 😃

    ReplyDelete
  2. Beda yah rasanya dengan marie regal.. Bisa di ganti dengan bisquit gandum3 gitu mungkin mbak.. Ntar deh aq cari info lagi ttg biskuit Di Indonesia mbak.. Krn aq ga tau banyakn

    ReplyDelete
  3. makasih ya mbak dona utk info nya, mungkin ky roma malkist crackers gitu?
    duh,maaf ya kl pertanyaan saya agak ribet, soalnya gak ada gambaran rasanya graham crackers itu kaya apa 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, malah roma/regal yang biasa ajah. Kamu tau digestive ngga? Pake itu jg bisa, atau hanpir mirip kayak spekulas sih cuma kalau spekulas agak kerasan di bandingin graham cracker

      Delete
  4. oke, thanks mbak dona, nanti saya coba cari dsini yahh...mudah2an ketemu hehe

    ReplyDelete