Wednesday, November 25, 2015

White Chocola Whisper Cake and White Velvet Butter Cake

White cake, white cake, white cake...

Hmmm.. Kalo rasa white cake di pernikahan2 orang America sih rasanya enak banget.. Tapi dulu2 mana tau kalo white cake itu sebenernya karena mereka tidak menggunakan kuning telur, jadi hanya menggunakan putihnya aja. Tapi karena ga tau.. Dulu2 yah gw kalo liat resep cuma pake putih telur, uuhh ga yakin deh kalo kuenya bakalan enak.. Gw coba white cake ini pertama kali kalo ga salah sih karena mertua gw suka banget dg white cake, salah satu favorit dia yah white cake dan angel food cake, ehh tapi gw ga suka deng dg angel food cake, gw lebih suka chiffon cake, karena kalau angel food cake hanya menggunakan putih telur ajah. Makanya yah demi menyenangkan mertua gw coba lah bikin white cake.. Dan malah bikin gw jadi suka juga, rasanya tuh spesial banget, beda banget dg cake2 biasa.. Apalagi yg pake white chocolate, karena ada 2 macam, ini gw akan kasih resep dari Rose LB,  yang pake white chocolate dan yg ga pake white chocolate. Dua2 nya sama2 enak, bedanya cuma di texture nya deh kayaknya.. Yang tanpa white chocolate mungkin lebih lembut sekali, dan yg pake white chocolate sedikit crumbly. Dan menggunakan lebih sedikit butter, karena udah ada chocolate nya kali yah. Tapi coba aja 2 2 nya dan tentuin sendiri suka yg mana,

White Velvet Butter Cake

41/2 putih telur (135 gr)
1 cup Susu cair
3 cup tepung terigu
11/2 cup gula pasir
1 tbs baking powder
Salt
Vanilla
170 gr butter

Caranya:
Siapkan 2 loyang dg beri butter dan lapis dg kertas roti dan beri butter dan terigu.

Di mangkok kecil, campur putih h dan vanilla

Di mangkok utk mixer, campur semua bahan kering, kemudian masukan butter dan sisa 3/4 susu tadi, aduk dg kecepatan rendah, hingga bahan2 kering tercampur dg butter dan susu, kemudian tingkatkan kecepatan mixer, ke medium speed ( kalo pake kitchen aid) kalo pake mixer tangan, pake kecepatan yg tinggi. Kocok kurang lebih 1,5 menit saja. Kemudian masukan telur satu persatu sambil terus di kocok. Sudah deh, selesai, tinggal taro di loyang dan di panggang 175-180 derajat c hingga matang.

Nah sekarang


White chocolate whisper cake

170 gr white chocolate
4,5 putih telur (135 gr)
1 cup susu cair
3 cup tepung terigu
1 cup + 3 sdm gula
1 tbs baking powder
Salt
Vanilla
128 gr butter

Caranya:
Siapkan loyang dg beri butter dan
dg kertas roti dan beri butter dan terigu.

Lelehkan chocolate putih dg cara di tim

Di mangkok kecil, campur putih telur dg 1/4 cup susu dan vanilla

Di mangkok utk mixer, campur semua bahan kering, kemudian masukan butter dan sisa 3/4 susu tadi, aduk dg kecepatan rendah, hingga bahan2 kering tercampur dg butter dan susu, kemudian tingkatkan kecepatan mixer, ke medium speed ( kalo pake kitchen aid) kalo pake mixer tangan, pake kecepatan yg tinggi. Kocok kurang lebih 1,5 menit saja. Kemudian masukan telur satu persatu sambil terus di kocok. Matikan mixer, satukan adonan, kemudian masukan chocolate putih yg sudah di lelehkan. Kocok lagi sebentar dg mixer hanya hingga menyatu saja.
Sudah deh, selesai, tinggal taro di loyang dan di panggang. 175-180 derajat c hingga matang.

No comments:

Post a Comment