Sunday, November 1, 2015

Putri No'ong / kue Mata Roda

Kue mata roda.

Pertama kali makan kue ini waktu SD ada bazaar di komplek perumahan ortu.  Langsung jatuh cinta makan ini, karena ga biasanya makan singkong yang di olah begini. Ternyata mungkin ini makanan orang jawa barat, kalo di rumah ibu ku kan asli jawa tengah, dan bapak jawa timur..jadi paling banter singkong yah di buat lemet, atau lento., sebetulnya mata roda ini yah hampir sama sih dg lemet, cuma mata roda menggunakan gula pasir dan di tambah agar2, kalau lemet pakai gula merah dan di kasih potongan2 kelapa.

Karena gw suka otomatis gw sering banget bikin camilan ini.. Kalo dulu2 bikin ini ga pake resep2an. Pake feeling ajah, secara dulu waktu masih kecil suka juga bantuin ibu bikin lemet, beliau jg bikin ga pake resep2an. Jd kebawa deh bikin ini ga pake resep. Nah karena gw sering bikin pas anak2 masih kecil.. Jadi anak2 gw pun suka banget dg kue ini.

Kemaren juga gitu gw ud perhatiin tuh banyak banget resep berseliweran di FB tapi resep cenil singkong sih, gw pikir kok sama yah dg resep kalo gw bikin mata roda, ya udah deh karena mau di tulis di blog, yah siapa tau nanti anak2 gw rindu dengan masakan mommynya jadi bisa liat blog gw.  Tapi teteeeeepp.. Kemaren pas liat resep dan coba ikutin resep gw ga totally ikutin resep, karena kok kayaknya encer kalo gw ikutin resep, sedangkan gw ud biasa bikin ga terlalu encer. Ya udah lah ga gw terlalu ikutin, trus di resep yg berseliweran itu pake air, gw ga pakein. Trus di resep itu juga ga masukin kelapa parutnya di dalam adonan, cukup di luarnya ajah buat taburan setelah matang, tapi kalo gw bikin gw taroin juga kelapa parutnya.. Karena gw inget kalo lemet di pakein potongan2 kelapa. Kalo nyokap bikin dulu, ya udah gw jg taroin deh.

Anyway.. Resepnya..

Bahan2
1 kg singkong parut, peras airnya
1 bks agar-agar putih
200 ml santan instan kemasan
200 gr gula pasir
½butir kelapa parut
Garam
Vanilla
Pewarna makanan: merah, hijau

4 pisang (gw pake pisang chiquita) krn di swiss adanya pisang itu.

Bahan tambahan
Kelapa parut buat taburan.

Cara membuat :

Campur singkong yg sudah di peras, agar2, santan, gula pasir, kelapa parut, garam dan vanilla. Rasakan manisnya, kalo cukup manis Alhamdulillah, kalo kurang manis bisa di tambahkan gula. Kemudian di bagi 2, beri pewarna hijau dan merah. Ambil sebagian adonan warna merah taro di daun pisang atau kalo ga ada bisa juga pake kertas roti atau aluminum foil. Taro pisang kemudia tutup dg campuran yg warna hijau, bungkus dg foil tadi dg cara menggulungnya. Kencangkan. Lakukan sampai adonan habis. Kukus hingga matang. Kira2 30 menit. Setelah matang, tunggu agak dingin dan di potong2.. Kemudian taburkan kelapa parut.

Siap di hidangkan, from my home to your home, enjoy cooking..

No comments:

Post a Comment