Monday, October 26, 2015

Sop Buntut

Siapa yang ga suka sop buntut? Kayaknya hampir semua orang suka sop buntut.  Nih udah lama banget gw ga bikin sop buntut, tapi kemaren pas gw belanja daging, liat buntut waaah  langsung teringat sop buntut nya borobudur hotel yg terkenal itu.. Ya udah deh gw beli, walo ga ada rencana mau bikin.. Kebetulan malam minggu nanti akan ada temen dateng makan malam, jadi ada yg nemenin makan buntut, karena makanan se enak apapun kalo makan sendirian kok rasanya kurang sedap juga yah.. Hehe.. Lebih enak makan rame2.. Sebetulnya gampang banget bikin sop ini.. Cuma memang butuh waktu yang lama buat ngerebus buntut nya.. Dan bagi gw itu bukan persoalan, karena gw betah di dapur.
Anyway resepnya..
Gw tuh sebenernya kalo masak ga pernah ngukur2., dan ini pun kemaren ga gw ukur, karena ga kepikiran mau gw tulis di blog, tapi gw berusaha utk inget2 apa dan berapa banyak gw masak sop buntut..

3 kg buntut
2,5-3 ltr air
3 cm jahe

10 Bawang merah (ini pun kira2 krn gw pake 1 big shallot)
6 bawang putih

1/2 biji pala di parut
6 cengkeh
Merica
Garam
Gula pasir sedikit

5 wortel
1 tomat
Seledri

Cara membuat;

Rebus buntut bersama jahe, dan kulit wortel dan 1 batang seledri. ( lama yah, biar buntut empuk dan menghasilkan kaldu yg enak ) kira2 2 jam an lah, (gw ga rekomen banget utk masak dg pressure cooker, gw pikir hasilnya dg memasak daging secara natural akan berbeda) pake api sedang aja setelah mendidih,
Setelah itu siapkan bawang merah dan bawang putih bisa di ulek alusin atau di cincang ajah dan di tumis kemudian masukan ke dalam kaldu buntut tadi. O iya sebelumnya angkat kulit wortel dan seledri yg di masak bersama buntut tadi. Juga masukan cengkeh dah parutan pala dan gula pasir. Masak terus 1 jam an lagi., hehe lama banget yah,, pake api kecil ajah. Kalo air berkurang banyak bisa di tambahin air lagi aja sedikit.
Setelah itu masukan garam dan merica. Sesuai selera. Kalao palanya kurang berasa, bisa jg tambahin pala lagi. Jangan terlalu ngikutin resep, ini bukan resep kue, ini bisa di ubah2 sesuai selera.

Dan sop buntut siap di hidangkan.

No comments:

Post a Comment