Sunday, October 11, 2015

Bread and Butter Pudding

Mau kedatangan temen hari minggu jamnya ga untuk makan pagi ga untuk makan siang, uuhh jadi brunch gitu breakfast lunch, pikir pikir bikin kue apa yah.. Akhirnya timbul ide bikin bread and butter pudding, kue dari Inggris... Biasanya mereka pakai roti yg sudah lama, nah secara gw punya sisa roti zopf banyak banget.. Drpd di buang mending di daur ulang kan hehe... 

Sebetulnya hampir sama dengan french toast, cuma ini di panggang ajah, kalo french toast kan ga perlu di panggang cukup pake pane ajah. Dan satu persatu masaknya kalo bread and butter pudding kan langsung bisa bikin banyak.. bahan2nya yah sama. Rasanya pun hampir sama.  
Tapi biasanya resep bread and butter pudding pake telur utuh, dan langsug di campur telur, gula, dan susunya, tapi gw bikin cuma pake kuning telurnya ajah, dan susunya gw masak dulu gw panasin maksudnya gw bikin custard dulu, dan gw pakai half and half atau half cream yg di campur susu, walopun biasanya kue ini cukup di bikin dg susu ajah, ya biasa lah gw.. Mencoba utk mem "pimp" or up grade resepnya maksudnya supaya lebih mantabbbb hehe.. Tapi kalo mau ga di up grade juga udah cukup enak sih.. Semua karena selera ajah, o iya sebetulnya gw tuh ga make resep utk bikin ini, asal2an ajah gw kira2.. Karena roti itu beda2 menyerap cairannya, kalo gw pake roti tawar yah ga perlu terlalu banyak susunya, ini kemaren gw pake zopf (roti kepangnya swiss) gw ga tau kalo zopf itu membutuhkan susu lebih banyak, tapi gpp juga sih udah cukup enak dan lembut, jadi ini resep udah gw tambahin susunya.. 

Anyway.. 

Resepnya : 

1/4 cup butter (buat olesan roti)
11/2 cup susu 
11/2 cup whipping cream ( or ganti dg half n half atau halb rahm bhs jermannya) kalo mau pake susu semua juga bisa, ga perlu pake whipping cream, lebih ringan ajah kl pake susu. 
6 egg yolks (mau pake 5 telur utuh jg gpp sih) 
Vanilla
Garam
1/2 cup gula pasir
Kira2 500 gr Roti tawar atau challah atau zopf atau roti kepang (gw ga ngitung kemaren cuma kira2 aja berapa yg gw butuhin utk menuhin pingganya)
Kismis secukupnya kira2 2 sdm kayaknya deh. Buat taburan di tiap lapis dan atasnya. 

Caranya: 
Jadi ada 2 cara.. 
Tapi pertama kali yg harus di siapkan adalah.. 
Olesi roti dg butter taro di loyang (loyangnya jangan lupa utk di olesi butter dan terigu yah) butternya yg di bawah.. Kemudian taburi kismis, trus lapisi lagi dg roti yg sudah di olesi butter, kali ini butternya menghadap ke atas, taburi lagi dg kismis. Nah diemkan dulu sementara kita siapkan adonan susunya. 

Nah baru nih ada 2 cara utk taro susunya. 

Kalo pake telur utuh, cukup lakukan ini.. 
Kocok telur pake tangan ajah dg whisk, kemudian masukan gula,susu, whipping cream, garam, dan vanilla.. Kemudian setelah tercampur rata, saring di atas roti yg tadi sudah kita siapkan di loyang. Siap di panggang deh 175 derajat kira2 30-40 mnt atau hingga matang. 

Nah kalo pake kuning telur. Caranya adalah, 
Tetep siapkan roti di olesi butter spt di atas, kemudian kita siapkan adonan susunya dg cara

Panaskan susu dan whipping cream, sampai simmering bersama vanilla..apa yah simmering bahasa indonesianya pokoknya sampai panas deh ud mulai mendidih langsung angkat. 
Siapkan kuning telur di mangkok besar campur dg gula dan garam
dan tuangkan susu yg telah kita panaskan tadi ke campuran kuning telur dan gula serta garam. 
Setelah itu baru deh kita tuang ke roti yang sudah kita siapkan sebelumnya. 
Maka setelah itu siap di panggang dg suhu 175 selama 30-40 mnt atau sampai matang.
 
Itu ajah.. Moga aja ngerti dg bahasa gw., hehe.. Kalo ga ngerti bisa nanya yah.. 

Selamat mencoba.. 

O iyah.. Biasanya bisa juga di sajikan dengan fla, tapi gw malas bikin fla, jd tadi gw kasih mapple syrup pas di sajiin, kalo di Indonesia susah cari mapple sirup, bisa juga di kasih madu pd saat menyajikan. 

No comments:

Post a Comment