Saturday, October 10, 2015

Kue Ku

Kue ku ini dulu salah satu makanan favorite gw, tapi kayaknya semua jenis jajan pasar favorit deh karena gw pasti gw bingung kl di suruh pilih jajan pasar apa yg paling gw suka, pasti gw pilih semuanya. Hehe.. Lagi2 ini jg foto lama.. 
Karena ga punya cetakan kue ku, tapi kepingin makan kue ku, ya terpaksalah harus berkreasi ya udah gw bentuk seperti strawberry aja karena itu yg paling gampang hehe..  Dan ide bikin kue ku ini karena ada sisa isian onde2 kemaren pikir2 baru makan onde2, kayaknya pingin makan yg lain. Ya udah krn ga banyak juga sisanya otomatis langsung keinget kue ku.. Alhamdulillah kerinduan akan jajan pasar terobati sudah.
Kadang malu juga ama diri sendiri padahal kue ini gampang banget lho di bikinnya kenapa dulu2 ga pernah bikin, tapi selalu beli. Yah mungkin ini hikmahnya gw tinggal di luar negri, soalnya jadi terpaksa masuk dapur, dan terpaksa masak dan pada awalnya sih terpaksa bikin kue, terpaksanya bukan krn di paksa, tapi karena gw ga suka kue2 swiss, gw pikir kok rasanya ga nendang gitu, dan banyak kue menggunakan gelatin, selain itu waktu anak mau ulang tahun, dulu di swiss tuh ga ada kue2 ultah yg cantik2 paling banter mereka hias dengan smarties, come on, gw yg udah biasa liat kue ultah di jakarta yg cantik banget liat kue ultah di sini yah malas lah utk beli, maka dari itu gw terpaksa bikin kue.. Hehehe.. tapi kalo sekarang sih nggak terpaksa lho bikin kue. Melainkan dg senang hati masuk dapur utk bikin kue.. 
Anyway.. 
Resepnya.. 

Untuk kulit : 
50   gr kentang kukus haluskan
150 gr tepung ketan
50   gr gula halus
125 ml santan kental
2 sdm minyak goreng
Pewarna makanan hijau dan merah

Cara membuat :

Campurlan kentang, tepung ketan, gula halus, santan dan minyak, uleni hingga kalis. Bagi adonan mjd 2 beri pewarna, aduk rata. 
Adonan siap di cetak. Dg cetakan atau seperti yg gw buat tanpa cetakan, di bentuk seperti strawberry.  Dan di beri isian kacang hijau. 
Kemudian kukus sebentar aja hingga matang. 

Untuk isi
150 gr kacang hijau kupas rendam bbrp jam/semalaman
200 gr gula pasir
Garam
Daun pandan 

Kukus kacang hijau, hingga matang kira2 20 menit, angkat, haluskan, campur dg gula pasir, garam dan daun pandan, masak dg api kecil, hingga adonan isi mengering. 


2 comments:

  1. Terimakasih Artikel Kue Ku nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Aneka Resep Kue Kering

    ReplyDelete
  2. hei, aq ud ga aktiv di blogspot, makasih juga komennya, bisa liat web aq aja., donasdelight.com mba

    ReplyDelete