Thursday, October 15, 2015

Churros

Churros...sebetulnya adonan  kue soes yg di goreng, di makan dengan saus coklat, atau cuma di kasih campuran gula dg kayu manis.  Biasa di jadikan makanan kecil di pagi hari di negara2 seperti spanyol, portugis, prancis, mexico dan negara2 amerika latin..  Tapi bedanya dg adonan choux pastry atau kue soes adalah kekentalannya, kalo kue soes kan agak lembek, kalo adonan churros tuh lebih padat.. Telurnya lebih sedikit dan terigunya lebih banyak.. 

Trus kemarenan ini gw liat bbrp temen (cuma 2 sih) di jakarta pada bikin churros.. Jadi gw tertarik deh buat nulis resep churros ini di blog. Karena bikinnya gampang dan enak juga sih kalo pingin makan yg manis2 tapi ga terlalu ribet.. Apalagi resep yg gw pake ini bener2 irit.. Banyak sih resep churros berseliweran di Google tapi gw pake resepnya chef mexico asli.. Ruben Ortega , pastry chef di salah satu restoran terkenal di Texas. 

O iya pada saat nyetaknya.. Pake spuit. Nah adonannya kan di taro di plastik segitiga, doble in, soalnya adonan nya cukup kentel or pader banget, jadi plastiknya kudu yg kuat. 

Anyway..resepnya.. 

90 gr butter
21/4 cup air
21/4 cup terigu 
Garam 
Vanilla
2 cm batang Kayu manis
Kulit jeruk kalo mau. 
2 butir telur

Minyak utk menggoreng

Caranya.. 
Masak air bersama butter, kayu manis, vanilla dan garam, hingga butter lumer dan air mendidih, angkat kayu manisnya, kemudian masukan terigu sekaligus,(kalo mau pake kulit jeruk bisa di taro saat ini)  aduk dg sendok kayu. Aduk selama kurang lebih 5 mnt hingga adonan keliatan kalis. Dan terigu tidak menempel di panci. Angkat dr kompor, tunggu kira2 15 menit, kemudian masukan telur satu persatu, sambil terus di aduk hingga adonan menyatu dan  terlihat halus. 
Setelah itu masukan ke piping bag, yg sudah di taro spuit bintang. Maka siapkan minyak utk menggoreng. Tunggu hingga minyak panas. Pegang plastik piping bag di atas minyak, spuitkan adonan hingga panjangnya sesuai dg keinginan, kemudian dg pisau lepaskan adonan dr piping bag, hingga adonan jatuh ke minyak, lakukan bbrp kali hingga sesuia dg kapasitas besarmya penggorengan. 

Sementara itu siapkan 
1 cup gula pasir halus yg di campur dg bubuk kayu manis, 

Setelah adonan churros nya matang, angkat tiriskan minyaknya dan tuangkan campuran gula dan kayu manis ke churros, siap di makan. 
Atau bisa juga dg menyelupkan ke coklat saus. 

Cara bikin coklat sausnya

2 cup susu/air
100 gr chocolate 

Masak air atau susu bersama coklat dg api sedang..aduk2 terus hingga coklat lumer dan menyatu. Angkat kemudian di blender  jadi sausnya agak mengembang. Hidangkan panas. Bersama churros.

No comments:

Post a Comment