Wednesday, October 7, 2015

Chocolate chip cookies

Siapa yah yg ga tau chocolate chip cookies?.. Wahh dulu waktu masih kecil seneng banget makan good time atau famous amous.. Kayaknya cookies itu enaaaaaaaaaaaakkkkk banget.. Dulu kan belum bisa bikin kue, bisanya cuma makan.. Sekarang udah ga mau lagi beli hehe.. Soalnya enakan bikin dong..  Gw udah sering sih bikin cookies ini. Soalnya anak2 suka banget. Walopun gw lebih sering bikinin oatmeal chocolate chip cookies buat mereka, ( udah ada yah di blog ini resepnya) krn gw pikir lebih sehat. Tapi sekali2 gpp deh manjain mereka dg chocolate chip cookies.. Dan kadang gw suka ber experiment dg resep2 kalo gw belum puas dg rasanya.. Tapi kl udah puas biasanya gw stop dan ga mau lagi liat2 resep baru untuk kue yg sama hehe..  
Cookies ini udah di makan banyak orang dan gw selalu dapat compliments. Tapi buat gw kadang pujian ga bgt penting, gw pikir masa sih kalo mereka makan trus akan bilang kuenya ga enak hehe.. Tapi gw tau dan ngerasa sendiri, karena gw suka banget makan dessert atau kue kue alias yg manis2.. Duh hobby yg ga bisa gw ilangin.. Dan gw tau sendiri mana yg enak dan enggak, makanya pujian buat gw ga penting hehe gitu..

Trus kue ini gw banyakin butternya.. Supaya lebih enak banget.. Pokoknya bener2 mantab banget deh.. Walopun penambahan butternya cuma 50 gr, tapi bisa bikin rasa sangat jauuhhh lebih enak. 

Trus trik bikin kue ini, adonannya tuh di simpan dulu di kulkas, (yah karena banyak butter yg di pake) kenapa di simpan dulu, supaya pas di panggang ga terlalu meleber atau melebar, jd akan menghasilkan cookies yang munjung di tengah dan menipis di bagian pinggir hingga crispy pinggirannya.. 

Trus mengenai rasa gw cuma kasih vanilla, ada jg yg di kasih bubuk kayu manis. Terserah selera ajah. 

Anyway... 



Bahan2 
300 gr butter 
100 gr gula pasir
100 gr brown sugar/ gula palem
1 tsp garam
1/2 tsp baking soda
1 telur yg besar + 1 kuning telur
240 gr terigu
1 tsp vanilla
2 cup chocolate chip (duh gw lipa deh kemaren bungkusnya gw buang, kalo ga salah 400 gr deh) 

Caranya.. 

Kocok butter dg gula dan garam sampe mengembang, kurang lebih 2-3 menit kl pake standing mixer, kalo pake mixer tangan harus lebih lama lg memgocoknya. Kemudian masukan telur, dan kuning telur lanjutkan mengocok.. Sampai tercampur. Kemudian kurangi keceptan mixer dan masukan terigu dan vanilla serta baking soda, aduk rata, kemudian terakhir masukan chocolate chip. Tutup dg plastik dan dinginkan selama kurang lebih  4 jam atau semalaman. 

Setelah itu bulat2 kan adonan bisa menggunakan sendok atau scoop es krim. Beri jarak, krn kue ini akan melebar.  Panggang 170 celcius kurang lebih 8-10 menit. 

Yeaaay jadi deh.. Siap di hidangkan.. 

No comments:

Post a Comment