Monday, September 28, 2015

Pineapple upside down cake


Ini kue bener2 kue klasik America.. Populer sejak th 1920an, karena ada penemuan alat potong nanas hingga nanasnya berbentuk seperti cincin, dan ibu2 rumah tangga senang untuk membuat kuenya cantik untuk di hidangkan.. Sebenernya di tengan nanas nya di kasih buah cherry yg merah, sehingga menjadi sangat menarik.. Tapi kemaren di rumah gw ga punya cherry merah.. Dan hari minggu gw ada tamu, belon bikin kue, mana paginya harus kerja pula, tamu datang jam 1 gw baru pulang sampe rumah jam 12.30. Masih bingung mau bikin apa, liat2 persediaan di dapur, eeehhh liat ada nanas kalengan ya udah langsung ajah punya ide untuk bikin kue klasik America ini. Uuh tapi gw ga punya cherry, eeehh liat ada hazelnut yg di lapisi coklat, duuh tapi itu coklatnya di luarnya jg di lapisi coklat bubuk, tapi biar lah..que sera sera.. Apapun yg akan terjadi terjadilah, tah paling cuma akan berefek kue ga gitu indah tapi rasa yah tetep enak.. Hehe..  Karena kue ini sangat buttery, moist, and sweet.. Tapi resep ini udah gw kurangi gulanya, gw dapat resep ini dr "the cake bible" by rose levy beranbaum resep2 beliau emang top banget deh, gw sekali nyoba resep ini dan puas banget, ga mau cari2 di Google lagi resep2 utk kue ini, padahal banyak banget resep2 berseliweran, dan gw baca malah ada yg pake cardamom segala resepna juga rhum, tapi apapun dg rhum gw kan ud ga masak dg rhum, tapi nyoba dg cardamom,uuh ga deh terlalu kuat buat kue.. Makanya ini resep gw pikir ud sempurna banget, ga usah lah gw utk coba2 ganti lagi, atau coba2 resep yg lain. Gw percaya dg lidah gw hehe.. O iya.. Biasanya resep ini di bikin pake cast iron skillet, atau apa yah bhs indonesianya, pane yg terbuat dr besi, gitu lah.. Ada kok fotonya kl mau liat kayak apa sih cast iron skillet itu. Tapi kalo mau pake springform pan, harus lapisi aluminum takutnya bocor, karena gulanya akan mjd caramel selama pemanggangan..  O iya ini kan pineapple upside down cake, kalo mau ganti buah lain juga bisa, ga usah terpaku dg nanas..

Anyway. Resepnya..

Topping :

14 potongan nanas 
14 cherry 
50 gr butter 
50 gr brown sugar

Bahan2 cakenya 
3 kuning telur 
1/2 cup atau 120 gr sour cream
150 gr tepung terigu
150 gr gula
1 tsp vanilla 
3/4 tsp baking powder 
1/4 tsp baking soda
Garam 
125 gr butter


Caranya:

Siapin toppingnya terlebih dahulu, kalo menggunakan nanas kalengan, buang airnya dan nanasnya di keringin jg airnya supaya ga basah. 
Kemudian ambil cast iron skillet/pan lelehkan butter diatas kompor kemudia masukan gulanya hingga gula menjadi lembab, angkat dr kompor. Tapi kalo seumpama pake nanas segar masak dulu nanasnya di butter utk bbrp menit hingga agak lunak. Baru taro gulanya. 
Taro 1 potongan nanas di tengah pan dan 7 nanas di sekelilingnya, sisa nanas di bagi 2 utk di taro di sisi pan. Taro di tengah nanas buah cherry bulat, kemaren krn ga ada cherry jadi gw cari2 ajah apa yg ada di rumah eeeh ada hazelnut yg di covered coklat dan coklat bubuk, makanya keliatan kan tuh kue gw ada serpihan coklat bubuknya sayang sih ga keliatan cantik ga kayak kl di taro cherry tapi gpp deh. 



Kemudian siapkan adonan cakenya. 

Di mangkok sedang campur kuning telur bersama 1/4 sour cream. 

Di mangkok besar campur terigu, baking powder, baking soda, garam kemudian masukan sisa sour cream tadi dan butter yg soft.. Jangan butter yg baru dr kulkas yah.  Kemudian beat atau kocok bahan2 tersebut pertama-tama pelan2 aja.. Kl gw pake kocokan bukan yg berbentuk whisk yah tapi yg utk beater.. Kemudian setelah adonan tercampur rata dan menjadi lembab, baru kocok dg kecepetan agak tinggi, 2-3 mnt kalao memakai kitchen aid, duh kl pake mixer tangan mungkin harus lebih lama lagi mengocoknya. Setelah itu baru masukan campuran kuning telur dan sour cream tadi. 3x jadi masukan 1/3 campuran telur, kocok bbrp detik skitar 20 detik, kemudian 1/3 lagi campuran telur, kocok lagi dan terakhir 1/3 lagi dan kocok 1 mnt. Itu semua berdasarkan waktu dg mengocok dg kitchen aid, jd kl dg mixer tangan di kocoknya lebih lama lagi.  
Adonan siap di taro di pan di atas nanas yg telah di siapkan. 

Panggang 180 derajat celcius, selama 40-50 mnt. 
Angkat tumggu beberapa menit, kemudian balikan kue ke piring, hingga nanasnya jadi ada di atas.

Selesai deh.. Pineapple upside down cake.. Siap di hidangkan. Ga lama kan buatnya?.. Ini aja gw buat cuma bbrp saat sebelum tamu ku dateng, jadi kuenya masih angat hehe.. 

From my home to your home with love.... 

O iya kue ini kemaren kita makan ber 7, 4 dewasa dan 3 anak2.. Waaahh langsung habis malah pada kurang tuh..  Saking enaknya pada mau lagi.. Hadeeeehhhh.. Hehe..

No comments:

Post a Comment