Sunday, September 6, 2015

Apple crumb pie

Apple crumb pie

Pertama kali makan apple pie, di bikinin mertua.. Dan dia tinggalin resep yg dia bawa buat gw, supaya gw bisa bikin juga kapan2 kalo kepingin lagi, karena anak2 dan suami suka banget dg apple pie. 

Dia bikin yah seperti bikin apple pie normally orang2 biasa bikin, yaitu langsung di bikin pada saat semuanya masih mentah dan di jadikan satu langsung masuk oven. Jadi adonan pie nya ga di panggang dulu, applenya jg ga di masak dulu cuma di campur gula dan kayu manis ajah, trus langsung taro toppingnga atau  crumb nya. Dan di panggang. Memang begini lah cara membuat apple pie yg biasa di lakukan oleh orang2. 

Nah kalo gw memang dulu2 selalu bikin seperti itu.. Tapi sekarang udah ga lagi.. Gw lebih suka bikin pie nya di panggang dulu (blind baking) seperti yg ud gw jelasin di blog berry pie. Dan apple nya jg gw masak sebentar supaya lembut ajah sih, sebetulny ga pake di masak dulu jg gpp, semua tergantung selera ajah. 
Kadang gw siapin semua adonan yaitu pienya, fillingnya (apple yg di masak) Sama crumbnya sehari sebelumnya, jadi besokannya tinggal di assemble ajah di jadiin satu dan di panggang, ga ada sebabnya sih, cuma yah ngerasa jd ga banyak kerjaan ajah.. Apalagi kl buat tamu jd lebih gampang krn ga perlu repot nyiapin semua dr awal kalo besokannya tinggal di panggang.

Kalo mau cepet memang bikin seperti orang2 normally buat, tapi kalo pie nya ga panggang dulu, yah itu takut ajah pienya masih mentah (kalo ketebelan kadang masih mentah padahal toppingnya ud hampir gosong) itu yg gw hindari makanya pie nya gw panggang dulu, jadi renyah dan matang.  

Dia bikin ukuran 22 makanya ini gw kasih resep ukuran 22 kalo ukuran piring pienya 25 tolong liat di blog berry pie. 


Bahan : 

150 gr terigu
100 gr butter 
 20 gr shortening/mentega putih
2-3 sdm air dingin 
Garam 

Caranya 

Nah biasanya gw ga suka pake mentega putih. Soalnya ga sehat, dan ga enak. Tapi gunanya shortening di sini supaya pienya flaky addduuh flaky bahasa indonesiany apa yah., pokoknya kayak renyah gitu deh.. 

Nah semua bahan di mangkok besar... Campur bahan2 tersebut kecuali air dg menggunakan food processor atau pastry blender, kalo ga punya itu yah kayak gw aja manual pake  pastry
cutter atau bisa juga pakai pisau. Seperti yg ud gw foto. Setelah tercampur dan membentuk adonan yg menyatu sebesar biji peas.kl kalao dilihat kurang  bisa menyatu campur lah adonan itu dg tangan /jari2 tangan beberapa saat saja, jangan di uleni nanti keras, pegang adonan dg kelembutan.. Setelah itu Percikan 3-5 sendok makan air es atau air dingin, gw di swiss pake air keran aja karena airnya ud cukup dingin. Setelah itu di aduk dg memakai garpu. Abis itu satukan adonan dg tangan. Pelan2 taro di meja..dg tekan adonan dengan menggunakan telapak tangan seperti yg ada di foto.. Cukup 3-4 kali aja, jangan di uleni atau memegang adonan terlalu lama, krn akan menghasilkan pastry yg keras. Setelah itu bulatkan adonan, bungkus plastik dan masukan ke dalam kulkas selama 1 jam atau lebih terserah, mau besok jg gpp. 
Setelah itu giling adonan melebar supaya bisa di taro di piring pie ukuran 25 cm yg sudah di olesi butter dan terigu. (Kalau mau pakai piring ya ng kecilan, gw ud bikinin resepnya tolong liat di blog apple pie)  Tusuk2 adonan dg garpu. Taro di kulkas bbrp saat saja hingga terasa adonan telah sedikit keras. 
Setelah itu keluarkan dr kulkas dan taro baking paper Atau aluminum foil dan isi dg pemberat pie, kalo ga punya yah seperti yg gw lukakan aja pake beras atau kacang hijau, dan setelah di pakai jangan di buang, karena bisa di pakai puluhan kali. Sayang jg soalnya kl di buang. Kalo kita mau buat lg jadi harus pake beras baru lagi deh. 
Nah setelah itu panggang selama 15 menit.. Dg panas 200 derajat, lumayan panas yah.. Lebih panas dr bikin2 kue lainnya, setelah 15 menit, angkat pemberat pie tadi dan lanjutkan memanggang hingga pie terlihat matang mungkin sekitar 20 mnt lagi, setelah itu angkat pie dan dingin kan.

sementara pie itu di panggang, kita bisa bikin crumbnya atau toppingnya
Karena piringnya lebih kecil, crumbnya jg bikin lebih sedikit. Kalo mau toppingnya banyakan karena memang enak banget sih crumb ini, dan anak2 biasanya mau makan crumn ya ajah, bisa di lihat di berry pie, krn di situ gw bikin lebih banyak crumbnya.

Bahan :

  65 gr gula
100 gr terigu
   90 gr butter
1 tsp bubuk kayu manis 

Nah cara buat crumbnya Hampir sama dg buat adonan pie tadi cuma sampe tercampur ajah.

Jadi campur gula, terigu dan kayu manis, potong2 ke butter, hingga keliatan menyatu dan crumbly.. 
Simpan di kulkas hingga kita butuhkan nanti. 

Sementar itu siapkan isinya.. 

Kalo mau langsung ga mau masak applenya cukup lakukan ini. 

7-8 apel yg asam 
150 gr gula terserah mau manis atau asam bisa di tambahin atau di kurangin.
1-2 sdt bubuk kayu manis 

Potong2 apple menjadi 8 potongan susun di pie shell tadi yg udah kita buat, nah boleh ga di panggang dulu atau di panggang dulu ini juga terserah. Tapi gw saranin di panggang dulu lebih baik. 
Setelah itu campur gula dg kayu manis dan springkle atau taro tuangkan gula pasir dan kayu manis di atas apel, kemudian taro topping atau crumb yg ud kita siapkan jg sebelumnya.

Nah kalo akhir2 ini kan gw bikinnya juga selalu gw masak dulu apelnya begini caranya. 

7-8 apel yg asam kupas dan potong dadu sebesar 1 inchi
150 gr gula
50 gr butter
1-2 tsp bubuk kayu manis
Vanilla bean. 
30-50 gr terigu
Sedikit lemon/lime juice

Caranya:

Panaskan pan, taro butter, kemudian masukan gula dan bubuk kayu manis dan vanilla, masukan apel.. masak kira2 5 menit aja, masukan terigu, masak lagi hingga terigu sudah terserap oleh air apel yg keluar krn di masak. Lanjutkan masak sekitar 2-3 mnt saja. Angkat dr kompor. Masukan lemon/lime juice utk rasa. 

Nah tinggal di assemble deh.. 

Ambil pie yg udah di panggang masukan apel yg sudah di masak, dan top dg crumb yg sudah kita siapkan.. 

Panggang dg suhu 180 derajat selama kurang lebih 50 mnt atau hingga kuning kecoklatan atau hingga matang.. 

From my home to your home with love.. 

Kalo ada pertanyaan atau nggak jelas bisa komen atau tanya lewat fb gw.,
Riyas Irmadona 

Happy baking.. 




No comments:

Post a Comment