Wednesday, November 25, 2015

Martabak Telur

Kulit lumpia Vs kulit bukin sendiri?... Jauuuhhhh lebih enak bikin sendiri..  Jadi blog ini gw tulis dalam waktu beberapa hari.. Cuma karena pingin ngebedain kulitnya.

Iseng, ada sisa kulit lumpia dan ada sedikit daging cincang.. Ya udah bikin martabak ajah.. Cuma jadi 5 biji kecil2 hehe.. Gampang banget bikinnya.. Dan cepet banget secepat kilat deh..

Ga perlu banyak cerita yah..

Yg di perlukan

Beberapa lembar kulit lumpia

Daging cincang secukupnya aja kira2 100 gr juga boleh.
Daun bawang
Bawang putih
Lada
Garam
Telur yg besar 2 atau 3 terserah



Nah Kemaren gw bikin dagingny ga gw tumis dulu, tapi langsung ajah di kocok dg telur dan tambahin potongan daun bawang dan kasih cincangam bawang putih serta garam dan lada. Kalo nyari resep di google sih mereka bilang dagingnya di masak dulu, tapi gw ga pake di masak gpp kok, dagingnya jg akan matang.
O iya kalo mau kayak martabak mesir, bisa juga di tambah bumbu pake bumbu kare yg udah jadi. Nanti rasanya seperti martabak mesir deh.


Nah bikinnya tuh, taro kulit lumpia di pan teflon yg sudah di beri minyak dan di panaskan terlebih dahulu, kemudian langsung taro campuran daging dang lipat langsung kulit lumpianya menyerupai amplop.. Teruskan menggorengnya yang sudah tentu hanya menggunakan sedikit minyak saja.


Tapi.. Kalo mau lebih enak sebetulnya bikin kulit sendiri.. Soalnya bbrp hari kemudian.. Gw iseng banget liat daging cincang, penasaran dengan kulit martabak, pingin bikin sendiri, dan ternyata jauh lebih enak dari pada martabak abang2, wahhh rasanya tuh gembira banget bisa ngalahin abang martabak, soalnya martabak manis gw ga  bisa sama dg yg di abang2... Iya sih gw cukup puas dg martabak manis gw karena tinggal di swiss ajah, jadi masih mau bikin, tapi, kalo di Indonesia mah mending beli martabak manis abang3 ajalah, nahhh beda dengan martabak telur ini gw rasa walopun gw tinggal di Indonesia gw akan tetep bikin sendiri deh, karena rasanya mantab banget.. Kalah yg punya abang2..

Ok deh silahkan di coba resepnya:

1 cup terigu munjung (kemungkinan besar 150 gr)
1/4 cup air
1/8 cup minyak sayur
Garam


Minyak sayur secukupnya  untuk merendam.

Pertama Campur terigu garam dan air.. Kemudian kasih minyak sayur dan uleni sampai kalis. Setelah kalis bagi adonan menjadi 3 bulatkan dan rendam di minyak sayur selama kurang lebih 30 menit.

Setelah 30 menit, adonan siap di pipihkan dan di buat martabak.

By the way, sebetulnya itu resep waktu gw bikin asal2an ajah, gw ngukur juga sekenanya karena mau di tulis di blog makanya gw takar2 walopun ga ngepas2 banget. Itu berdasarkan feeling gw aja buat kulitnya dg takaran itu, krn gw pernah nge Google resep kulit martabak, dan kebanyakan resepnya hampir sama, dan mereka tuh menggunakan air dalam jumlah yg banyak, dan gw percaya ajah, karena ga cuma 1 website yg bilang begitu, alhasillll uuhh gagal total, ga jadi kulit, malah masuk tong sampah. Makanya tadi tuh gw bikin resep sendiri ajah, ga mau cari2 resep lagi. Ok deh..

Selamat mencoba yah..

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete