Saturday, January 30, 2016

Hainan Chicken

Hainan Chicken

Makanan yang sangat populer di Singapore dan Malaysia.  Padahal aslinya masakan ini dari Cina tepatnya propinsi Hainan. Yah karena zaman dulu banyak penduduk Cina yang migrasi ke Singapore. Maka jadilah Hainan Chicken Rice ini salah satu makanan nasional Di Singapore.

Gw suka banget masak ayam dengan cara begini, yaitu cuma di rebus ajah, ga perlu banyak bumbu macam2, apalagi kalau lagi ga punya waktu, atau udah mepet mau jam makan, tapi masih sibuk dengan pekerjaan rumah tangga lainnya, yah gw langsung  deh mikir untuk bikin Hainan Chicken, karena ga perlu ngulek2 bumbu.. Cukup ngerebus ayam, ga sampe 1 jam dah kelar, dan ga perlu nungguin, or di aduk2.. Jadi otomatis persiapan nya tuh paling banter 10 menit aja.

Resepnya, ini a'la gw yah.. Dan udah cukup enak banget hehe.. Kadang simple is more hehe..

Hainan chicken
1 ekor ayam
2 daun bawang
5 batang daun koriander/ ketumbar
(ga pake gpp, gw lebih sering ga pake)
Garam (mungkin 1sdm)
1 ibu jari ruas jahe di iris2
17 butir lada hitam

Dipping sauce

2 daun bawang
1 ibu jari ruas jahe (boleh di potong2 atau di rajang)
1 sdt garam
1/2 gelas minyak sayur

Condiment ( ga pake jg gpp, gw sering ga pake)

Soy sauce
Cabe di iris2

Caranya:

Cuci ayam.
Taro di panci, masukan daun bawang, daun koriander/daun ketumbar, garam, irisan jahe, lada hitam, dan air sampe ayamnya terbenam. Masak, pancinya agak di tutup, masak sampe air mendidih, kemudian kecilkan api, dan teruskan memasak dengan cara di simmer very gently/ masak dg api kecil, dan masih ada letupan2 kecil2 dari air, simmer nya selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu matikan api. Dan biarkan ayam di dalam pancinya selama 10 menit lagi, kemudian angkat ayam, dan taro di saringan supaya air2 dr ayamnya menetes, sehingga ayam menjadi kering. Diam kan hingga dingin, setelah dingin baru bisa di potong2.

Untuk dipping sauce nya;

Campur, irisan daun bawang, irisan jahe dan garam, di mangkok tahan panas. Sisihkan, sementara itu panaskan minyak sayur hingga agak berasap, angkat, tunggu sebentar, kemudian tuangkan ke mangkok campuran daun bawang tadi, pada saat menuang, akan ada suara bergemericik, tapi gapapa.
Saucenya pun sudah siap.


Nah tadi kan ayam di angkat, masih banyak kan tuh kaldu dari rebusan ayamnya, sebagian dari kaldu itu kita buat untuk memasak nasinya. Plus di tambahin 2-3 sdm minyak sayur, jadi deh hainan rice.

Untuk menyuguhkan, potong2 ayam, iris2, kemudian letakan di piring, setelah itu siram dengan dipping sauce nya..  di tambain irisan cabe dan soy sauce  di mangkok lain, untuk yang mau pakai, kalau ga mau  juga gapapa..

Selamat menikmati..,

From my home to your home with love.

No comments:

Post a Comment