Sunday, January 31, 2016

Gemblong/getas


Gemblong/getas

Seneng banget kalo hari minggu tuh gw bebas bikin sarapan yang manis2.. Secara ayahnya anak2 ga ngebolehin Mutiara dan Iman makan yang manis2 kalau hari hari biasa. Sebenernya ini udah sering gw buat, cuma ga kepikiran lah untuk taro di blog hehe.. Ini kemaren karena ada yg mau tau ajah resep gw gimana, ya udah ga ada salahnya gw tulis di sini.
Inget masih kecil dulu suka banget beli ini untuk jajan.. Hehe.. Sekarang terpaksa bikin sendiri kalau kepingin jajanan Indonesia, gapapa sih lebih enak dan lebih puas. Terus biar anak2 gw jg tau lah kue2 Indonesia.
Anyway ini resepnya yah..

Bahan :
200 gr tepung ketan
100 gr kelapa parut
1/2 sdt vanilla
100 cc santan

Untuk lapisan gula
100 gr gula jawa
50  gr gula pasir
50  cc air
1 lb daun pandan
Masak hingga mengental dg api kecil saja... Cukup lama lho masaknya, minimal 15 menitan, sampe gula sampe 20 menitan. Pokoknya sampe gulanya meletup letup.. Dan kandungan airnya sudah menguap.

Cara membuat :

Campurkan tepung ketan, kelapa parut, vanilla dan garam hingga rata. Tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis, pokoknya di uleni aja terus.. Jangan berenti ngulenin sambil nuang santan yg sedikit2 itu, ini sih takarannya menurut gw udah pas.. Jangan kebanyakan santan malahan, takut benyek ga bisa di pulung2 deh.
Setalah itu bentuk adonan menjadi lonjong. Lakuka hingga adonan habis.
Panaskan minyak, goreng gemblong hingga matang dengan api kecil saja, setelah matang lapisi dengan gula caramel yg sudah di buat duluan.




No comments:

Post a Comment