Monday, January 25, 2016

Chocolate chiffon cake

Sebenernya gw ga gitu suka chocolate chiffon cake, gw lebih seneng pandan chiffon cake, dan kalo coklat sih gw lebih prefer coklat mouse or chocolate lava cake atau brownies lah, yang lebih mantab rasa coklatnya di banding chocolate chiffon ini..  tapi ini gw udah bikin beberapa kali atas permintaan temen, yang suka banget dengan chiffon cake karena kue chiffon tuh kan ga terlalu berat. Ringan banget malah. Trus mengandung cholesterol yg sangat sedikit di banding kue2 lain. Nah suatu hari di suruh lah gw bikin chiffon coklat ini. Yah mau ga mau walaupun gw kurang suka gw bikinin lah. Pertama kali bikin kurang manis, karena gw takut pakai terlalu banyak gula. Jadi rasanya yah kurang mantab gitu walaupun kata temen gw enak banget. Malah katanya enak kok cukup rasanya. Tapi gw saranin yah.. Pemakaian gulanya di resep2 gw jangan di kurangin, karena insya allah udah pas rasanya.

Ah udah ah bicaranya, udah malam, ngantuk.

Bahan2

50 gr     Bubuk coklat
3/4 cup Air panas
200 gr   Terigu
300 gr    Gula + 50 gr gula = 350 gr
2 sdt       Baking powder
Garam
1/2 cup kurang dikit Minyak sayur
6             Telur ( kalo besar, kalau telurnya kecil2 7 butir) pisahkan
Vanilla
Cream of tartar

Cara membuat.

Campur air panas dengan bubuk coklat aduk2 hingga menyatu. Sisihkan.

Di mangkok sedang, campur terigu, 300 gr gula, baking powder dan garam. Setelah itu masukan minyak sayur, kuning telur, campuran coklat dan air tadi serta vanila, mixer hingga tercampur cukup 1-2 menit saja.

Setelah itu kocok putih telur hingga berbusa, masukan cream of tartar dan kocok hingga soft peak, setelah itu masukan sisa 50 gr gula tadi. Dan terus kocok hingga putih telur menjadi kaku, ingat yah pengocokan putih telur ini sangat kritikal, dia ini yang menentukan kuenya akan mengembang bagus atau tidak. Kalau sudah kaku tapi terus di kocok juga tidak bagus, karena putih telurnya jadi akan pecah. Nah setelah putih telur kaku. Atau bahasa inggrisnya stiff peak. Ambil sedikit putih telur campur ke adonan kuning telur tadi, aduk2 dengan menggunakan ballon whisk, setelah rata baru masukan sisa putih telur ke adonan kuning telurnya dengan perlahan di aduk2 hingga kira2 tercampur rata.

Setelah itu masukan adonan ke cetakan kue chiffon dan siap di panggang selama kurang lebih 1 jam dengan suhu 170 derajat.

Happy baking...

No comments:

Post a Comment