Sunday, January 17, 2016

Klepon Bali ubi ungu

Inget kan beberapa hari lalu gw bikin klepon ubi merah.. Nah beberapa biji gw kasih temen gw.. Eeh dia seneng banget.. Langsung pingin tau cara bikinnya, kata dia, dia pernah bikin tapi kok ga matang dalamnya.. Gw bilang yah di rebusnya setelah klepon mengapung jangan langsung di angkat, tunggu 2 menit lah baru di angkat.. Akhirnya pas kemaren hari minggu dia ke rumah, gw tawarin ajah untuk bikin klepon.. Berhubung di rumah adanya ubi ungu, ya udah pake ubi ungu ajah. Trus kata dia kalo di bali pembantu dia bikinnya gulanya di cairin dulu pake daun pandan, di masak hingga mengental buat isiannya, wah gw bilang good idea banget tuh, pasti enak gula merahnya kalo di masak dulu, gw mau bikin seperti itu, tapi karena kata temen gw dia mau buru2 pulang, karena udah kesorean siangnya kan abis bikin empek2 banyak, makanya takut pulang keburu gelap, ya udahlah ga jadi di coba deh untuk masak gula merahnya dulu.. Jadi resepnya sih sama dengan klepon ubi merah.. Tapi ini gw tulis lagi ajah.

125 gr ubi ungu
125 gr tepung beras ketan
 75 ml air, ga semua kepake, atau kalo kurang ya di tambahin air, pokoknya naro airnya sedikit2 ajah.gw pake air hangat.
Garam
Gula merah secukupnya. Di sisir

Taburan
Kelapa parut

Jadi pertama blender daun pandan dengan air, kalo mau pake daun pandang, kalo nggak ya ga usah, gw bikin 2 versi yang satu kasih daun pandan dan yang satu lagi nggak.

Trus,  lumatkan ubi campurkan ke dalam tepung beri garam dan vanilla kalo suka, kemudian masukin airnya sedikit demi sedikit sambil terus di uleni, ati2 jangan sampai kebanyakan air.

Setelah itu, ambil adonan secukupnya, bulatkan seperti bakso, pipihkan, beri isian gula merah, kemudia pulung lagi adonan hingga menutupi isiannya.
Lakukan sampai adonan habis.

Didihkan air dalam panci, masukan bulatan2 ketan di dalamnya, biarkan mengapung 1-2 menit, kemudian angkat. Tiriskan.

Gulingkan ke dalam kelapa parut yang juga di beri garam.

Hidangkan. Dan siap di nikmati.



No comments:

Post a Comment