Saturday, January 16, 2016

Klepon ubi kuning

Kembali ke selera asal..,

Tinggal di luar negri dengan berbagai macam makanan yang berbeda yang mungkin di bilang oleh orang indonesia yg tinggal Di Indonesia keren.. tapi tetep aja lidah gw ga bisa berbohong.. Tetep ajah jajan pasar lebih gw senengin dari pada kue2 coklat atau bahkan tiramisu, apalagi cheese cake, ga suka banget. Dan Alhamdulillah anak2 gw kok yah suka juga dengan kue2 Indonesia, jadi setidak2nya ada yang nemenin makan di rumah. Yang bikin kaget sih suami, kirain mah dia ga suka kue2 indonesia, kemaren waktu bikin klepon ini ada sisa beberapa biji, dan gw taro aja di dapur dan gw tinggal pergi, ga niat banget buat ninggalin ke suami, eeeh ga lama kemudian mungkin pas suamk pulang gw ga ada di rumah, dia coba deh tuh klepon ini, eeeh dia kirim pesan lewat telpon kalo kue ini excellent. Makanya kaget banget. Soalnya dia biasanya ga suka jajan pasar, apalagi yang ada kelapa2nya, tapi dia suka santan, aneh yah.  Yang bikin gw seneng yah itu suami gw orangnya jujur banget tentang masakan, mungkin karena profesi dia sebagai koki, makanya begitu dia bilang excellent udah pasti excellent lah, bukan karena dia suami gw trus muji2 masakan istrinya hehe..Ya begitu lah.
Itulah sekelumit cerita tentang klepon di keluarga gw.

Anyway ini resep yang kemaren gw bikin, jujur sebenernya gw bikin asal2an, jadi kira2 ajah ubi merah sama tepung ketannya 50:50  plus kasih air blenderan dari pandan itu juga kira2 sampe bisa di pulung.
Jadi resepnya :

125 gr ubi merah
125 gr tepung beras ketan
Kira2 75 ml air blenderan dari daun pandan.  Mungkin ga semua kepake, atau kalo kurang ya di tambahin air, pokoknya naro airnya sedikit2 ajah.gw pake air hangat.
Garam
Gula merah secukupnya. Di sisir

Taburan
Kelapa parut

Jadi pertama blender daun pandan dengan air, kalo mau pake daun pandang, kalo nggak ya ga usah, gw bikin 2 versi yang satu kasih daun pandan dan yang satu lagi nggak.

Trus,  lumatkan ubi campurkan ke dalam tepung beri garam dan vanilla kalo suka, kemudian masukin airnya sedikit demi sedikit sambil terus di uleni, ati2 jangan sampai kebanyakan air.

Setelah itu, ambil adonan secukupnya, bulatkan seperti bakso, pipihkan, beri isian gula merah, kemudia pulung lagi adonan hingga menutupi isiannya.
Lakukan sampai adonan habis.

Didihkan air dalam panci, masukan bulatan2 ketan di dalamnya, biarkan mengapung 1-2 menit, kemudian angkat. Tiriskan.

Gulingkan ke dalam kelapa parut yang juga di beri garam.

Hidangkan. Dan siap di nikmati.


No comments:

Post a Comment