Thursday, April 2, 2015

Creme Brulle




Sebuah kreasi yang sangat jenius... Kue pencuci mulut ini hanya terdiri dari telur, krim, gula, tapi sangat di gemari oleh banyak orang... Dengan tekstur yg lembut dan crunchy/garing di permukaan di sebabkan gula yg di bakar, sesaat sebelum di hidangkan.. Dan rasa yg sangat lezat.. Dan terlebih lagi cukup elegan utk di hidangkan sebagai hidangan penutup makan malam.. 
Ada 3 negara yg meng klaim dessert ini... Spanyol, inggris dan prancis. Spanyol yg terkenal dg creme catalan nya.. Dan Inggris dg Burnt creme nya.. Serta prancis dg Creme brulle nya..

Anyway.. Cukup sudah cerita.. Ttg creme brulle., sekarang resepnya aja., o iya kue ini juga merupakan kue kesukaan anak laki2 gw, yg bernama Iman, selain rasanya lezat, dia senang di bolehkan utk ngebakar gulanya.. Di depan tamu kita.. 

Gw kasih 2 versi yah.. Yg vanilla dan yg coklat. Sebetulnya versi vanillanya bisa di modifikasi dg buah2 an.. Misalnya dg mangga atau markisa yg banyak ada di indonesia, tinggal di tambahkan saja ke adonannya, bisa di blender atau pun di potong2 saja di taro di dasar loyang ramekinnya. 

Creme brulle 

5  kuning telur
1/3  cup gula 
2 cup cream kental
Salt 
Vanilla

* panaskan cream dan vanilla dg api kecil sampai panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat..Let it cool atau dinginkan. Ga sampai dingin tentunya. Cukup hangat saja atau suhu ruang ajah.

* aduk kuning telur, guka garam sampai tercampur rata.

*tuang cream ke adonan kuning telur dan gula sedikit2 dan pelan2 sampai tercamput rata.. 

* tuang adonan ke mangkok anti panas/ramekin, boleh mangkok kecil2 ataupun besar.. 

* Atur mangkok2 ramekin di atas loyang, dan panggang dg  sistim au bain marie.. / hot water bath. Sampai custard just set. Atau keliatan sudah matang.  35-40 mnt dg panas 160 derajat celcius. Bearti ga terlalu panas yah. 

dinginkan 

* masukan ke kulkas tutup dg plastik. 

Kalao mau di hidangkan, taro gula lebih baik brown sugar supaya cepat terbakar. Bakar dg korek api khusus.  Hingga gula terbakar. 

Siap di hidangkan



Chocolate creme brulle

7 sdm guka 
2 sdm coklat bubuk
2 cup cream kental 
4 kuning telur
Vanilla

* campur 4 sdm gula dan bubuk coklat di mangkok. Panaskan cream dg api kecil. Angkat dr kompor atau matikan api, Tambahkan campuran gula dan coklat bubuk. Aduk rata. Nyalakan kembali kompor, masak kembali sebentar dg api kecil hingga panas tetapi tidak mendidih. Dinginkan. 

* di mangkok kecil, campur kuning telur dan sisa gula tadi yaitu yg 3 sdm dan vanilla. 

* masukan cream kental yg sudah di masak tadi ke campuran kuning telur dan gula.  Kalo bergerinjil, bisa di saring. 

* tuang ke dalam mangkok anti panas/ramekin. 

* panggang dg sistim au bain marie, atau hot water bath. 160 derajat 40 menit. 

* dinginkan 

* masukan ke kulkas tutup dg plastik. 

Kalao mau di hidangkan, taro gula lebih baik brown sugar supaya cepat terbakar. Bakar dg korek api khusus.  Hingga gula terbakar. 

Siap di hidangkan


No comments:

Post a Comment