Thursday, April 30, 2015

Black Chocolate Cake with Fudge Icing, or choco fudge

Black chocolate cake with fudge icing..

Kadang gw kedatangan tamu paling cuma 1 atau 2 orang. Addduuuhh bingung deh mau nyediain apa.. Karena kalo di bikinin cake rata2 resep cake gw yah ukurannya gede2.. Pingin bikin yang sedikit, simple tapi enak dan cantik hehe., banyak banget maunya. Ini sih masih sedeng sih ukurannya tapi cake ini cukup ringan jadi orang bisa makan 2 potong.. Tanpa merasa kenyang. 
And buat coffee lover, atau pecinta kopi cake ini cocok banget, karena fudge nya gw kasih kopi, kalo mau di ganti dg susu jg bisa sih.. Jd ga berasa kopi. Suka2 ajah. Kalo gw suka kopi, jadinya gw bikin selalu dg kopi. Tapi cake itu sendiri sih cuma rasa coklat ajah.
Sebetulnya tanpa di hias dg potongan2 coklat jg gpp sih, kemaren gw pakein ajah, iseng gw pikir akan lebih bagus, tapi tanpa potongan2 coklat jg ud cukup bagus kok cukup kalo cuma buat teman minum kopi atau teh. Suka2 aja semua ga perlu terlalu terpaku dg yg ada, coba berkreasi ajah, kalo udah di jalanin akan muncul dg sendirinya kreasi2 itu. 

Anyway.. Cukup deh bicara melulu, mending gw tulis resepnya sekarang. 

For the cake :

60 gr dark chocolate 
70 gr butter
11/4 cups tepung
1  cup buttermilk 
1  cup gula
2  kuning telur
1  tsp baking soda
 Garam

Panaskan oven 170 derajat

* Lelehkan coklat di dalam mangkok kecil yg di taro di atas panci yg berisi air panas, masak dg api kecil. Aduk sekali2. Setelah cair, sisihkan.
* Siapkan loyang dg menyemirkan butter dan terigu. 
* ayak tepung terigu, campur dg garam. 
* campur baking soda dg buttermilk. Di dlm mangkok. 
* kocok gula dg butter, sampai terlihat ringan, kurang lebih 2 mnt, wah tergantung mixernya kayaknya nih, kalo mixernya kitchen air yah 2 mnt, masukan kuninh telur satu persatu sambil terus di aduk, kemudian masukan coklat yg telah di lelehkan, sampai tercampur rata. Kemudian masukan 1/3 bagian terigu dan 1/3 bagian buttermilk secara bergantian, lakukan sampe terigu dan buttermilk nya habis tercampur di adonan. 
Masukan ke dalam loyang panggang kurang lebih 40-50 mnt atau sampai matang.

For the frosting :
21/4 cups gula halus
5 sdm bubuk coklat
6 sdm butter (lelehkan) 
5 sdm kopi panas, kalo ga mau kopi boleh juga cuma kasih air panas, atau susu panas. 
1 tsp vanilli 

Ayak gula halus dg coklat bubuk di mangkok, masukan buttter yg sudah meleleh kemudian kopi dan vanili, aduk2 hingga tercampur rata dan terlihat halus. 

Frosting siap di gunakan di atas cake. 

O iya ini gw pake loyang ukuran 20x20 




No comments:

Post a Comment