Monday, April 20, 2015

Pukis





Pukis.. 
Pukis salah satu kue yg pertama kali gw bikin setelah gw meninggalkan tanah air.. Ga tau ide dr mana, yg jelas dulu waktu masih kecil orang tua gw sering banget ke pasar Mayestik kadang gw ikut, kadang nggak, tapi ikut ga ikut ke mayestik, pukis hampir ga pernah ketinggaalan di beli ama alm nyokap gw, dulu sih cuma ada rasa vanilla dan coklat ajah, lama2 mereka punya rasa pisang, keju dll.. 
Mungkin berawal dari situ lah pas gw tinggal di luar negri sebelum berangkat ke luar gw ke pasar mayestik.. Bukan buat beli pukisnya, tapi buat beli cetakannya :) jadi udah cukup lama yah gw bikin kue pukis ini, dulu sih belum ada tuh yg namanya mr Google kita cari2 resep, gw punya resep dr buku, pengarangnya ibu Sisca Susanto, dan jujur resep ini tetep yg paling enak.. Karena tahun2 belakangan setelah mr google terkenal, jelaslah berseliweran tuh resep2 termasuk resep pukis, dan ada website yg sangat terkenal banget malah website itu juga mengadakan kursus2 kue segala macam, sudah tentu gw pingin coba dong resepnya.. Gw ga bisa kasih tau nama website atau yg bikin resep dia, karena ga enak lah, karena gw kurang suka dg resep2nya mereka, ud bbrp yg gw buktiin gw coba resep2nya yg memang bgt di baca tuh kok keliatan enak nih, tapi pas di coba pasti ada yg kurang, n kurang enak.. Tapi ini sih menurut gw lho, tapi banyak juga yg  suka bahkan fans berat dr tuh orang. Termasuk resep pukis yg gw coba, dan ternyata resep dr buku jadul lah yg tetep menang, anyway ud lah ga perlu terlalu lama bicarain resep,  kalian coba aja sendiri resep ini.. 

Bahan :

3  butir telur 
150 gr gula pasir
250 gr terigu 
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder 
1/4 sdt vanili
150 cc santan kental 
100 cc susu
100 gr mentega, cairkan (gw pake butter)

Mesis, keju, pisang, nangka utk toppingnya, atau utk rasa di atasnya boleh pakai boleh nggak

* untuk biang :
Campurkan semua bahan, diamkan 20 menit.
4 sdm terigu
4 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
8 sdm air dingin 

Cara membuat :

1. Kocok telur dan gula pasir hingga putih dan mengembang. Masukan terigu, garam, bak powder, biang dan vanili, kocok dg kecepatan rendah. Tuangkan santan dan susu sedikit demi sedikit sambil terus di aduk, tambahkan mentega/butter cair, aduk rata diamkan 20 menit, nah kalo gw kadang gw diemin sampe 1 jam tergantung sikon aja. 

2. Panaskan cetakan pukis, olesi masing2 dg mentega, tuangkan adonan hingga 3/4 penuh, taburindg keju, mesis, pisang, nangka, apa ajah sesuai selera. Panggang hingga matang. Angkat.

Happy cooking guys... 

No comments:

Post a Comment