Thursday, April 23, 2015

Quiche or Kase kuchen or cheese pie atau pie keju



Quiche

Idenya sih dari quiche lorraine yg terkenal enak tuh.. Tapi kan kalo quiche lorraine itu pake bacon, alias babi yaaa ga bisa dong gw makan krn gw muslim, makanya gw kalo bikin quiche itu selalu pake keju dan sayuran, atau kadang ga pake sayuran, jadi seperti "kase kuchen" atau "kue keju" nya orang Swiss. Tapi kase kuchen pun banyak juga variasinya, kadang ada yg pake leek (sayuran sejenis pre atau daun bawang) atau onion. Nah kalo pake leek atau onion itu yah harus di sauted atau di tumis dulu sebelum di campur ke adonan. 

Anak2 gw suka banget ini juga mertua gw waahh seneng banget. Katanya sih enak banget, sebetulnya rahasianya tuh cuma di pie crustnya. Gw ga suka beli pie crust yg udah jadi, gw selalu bikin. Karena pernah beli jadi dan rasanya ga seenak bikinan sendiri lah, makanya kapok ga mau deh beli2 lagi, walopun gw harus meluangkan lebih banyak waktu buat bikin crust nya, tapi worthed banget. Memang kadang kalo mau enak kita harus invest waktu lah di dapur. Asyk berlama2 di dapur, demi hasil yang memuaskan.  Anyway. Ini gw pake adonan pie crust nya basic banget, jadi kalo gw mau bikin apple pie dll juga pake resep ini.  Dan gw selalu menggunakan metode blind baking, artinya crust nya itu gw panggang dulu. Sebelum kita mengisi nya dg pie yg akan kita buat, gunanya yah itu supaya crust nya pie nya juga mateng, gw sering banget makan pie orang dan crustnya itu ga matang.. Addduuh ampun deh, sayang banget, pie enak2 eeehh adonan crustnya ga matang. Soalnya mereka langsung di panggang bersama isi2nya. Padahal kalo saja di panggang terpisah maksudnya crustnya di panggang dulu, ga akan terjadi crust yg ga matang. Anyway ini resepnya

Basic Pastry dough (pie shell/ pie crust) 

1 1/2 cup terigu
100 gr butter yg  keras dan dingin
1 sdm crisco (mentega putih) ini satu2 resep yg gw ga bisa lepas dr mentega putih, karena dg mentega putih ini menghasilkan crust yg flaky. Duh flaky bhs indonesianya apa yah? Pokoknya renyah gitu deh. 
Garam
4-6sdm air es. 



Dalam baskom masukan terigu, dan butter serta garam.. Campur semua bahan dg menggunakan jari2 tangan atau pastry blender/cutter, ( lihat fotonya di bawah) setelah tercampur rata dan adonan menyatu seperti kepingan2 bola2 kecil yg tidak rata, masukan air es 4 sdm, aduk dg garpu hingga bisa menyatu, kalo masih belum bisa menyatu tambahkan 1 sdm lagi air. Uleni ga usah terlalu keras dan lama, cukup 1 menit ajah, supaya adonan menyatu. Bulatlan adonan, pipihkan, bungkus dg plastik, istirahatkan di kulkas kurang lebih 1 jam, gunanya supaya adonan nanti lebih gampang utk di pipihkan dan di cetak. 
Setelah 1 jam, pipihkan adonan menggunakan rolling pin atau botol. Letakan adonan ke dalam cetakan pir yg sudah di beri butter dan terigu. 
Tusuk2 adonan dg garpu. Kemudian, siap di panggang. Sebelum di panggang adonan pie yg sudah di loyang taro baking paper di atasnya dan kemudian taro pemberat pastry (ada pemberat khusus atau bisa juga menggunakan beras/kacang hijau/ kacang2an terserah) gunanya itu supaya adonan pada saat di panggang tidak mengembang naik ke atas. 
Panggang dg suhu 200 derajat selama 20 mnt, stelah 20 mnt angkat pemberat pastrynya. Dan panggang lagi 20 menit lagi. 

Setelah pastry nya matang. Siapkan adonan isinya

4 butir telur 
2 butir kuning telur 
  # (Kalo mau pake 5 telur jg gpp ga                      masalah)
2 cup cream 
  # mau 1 cup cream 1 cup susu segar jg gpp
100 - 200 gr keju 
   # gw campur2 kadang 2 macam keju atau bahkan 3 macam keju)
Garam
Pala

Campur semua jadi satu. Masukan ke dalam pie crust yang sudah matang. Siap di panggang selama 30-35 menit dg suhu 200 derajat, atau cukup panas yah ini 200 derajat kl di indonesia ga bisa ukur suhu, krn kalo utk bikin kue itu biasanya 175-180 derajat, jadi ini lebih besar apinya. 

Ide Bahan tambahan

Broccoli 
Leek
Onion 
Asparagus
Buncis 
Dll 
 Nah bahan tambahan ini bisa di taro ke dlm pie sebelum di panggang. Sayuran itu bisa di blanch dulu atau di rebus dg sangat cepat.

Siap deh quiche nya di nikmati. Enjoy.. 


No comments:

Post a Comment