Sunday, April 19, 2015

Onde onde ubi ungu




Waktu kita di New York minggu lalu,  kita sempat ke china town, makan dim sum, trus ada onde2 juga.. Tapi beda isinya dg onde2 indonesia, itu onde2 china kali yah, isinya yellow bean paste, rasanya ga kayak kacang ijo sama sekali, tapi tetep aja anak2 suka banget.. Karena memang dari dulu ud suka gw beliin onde2 kalo gw lagi belanja bahan2 asia di lucerne switzerland.. Balik dr New York kemaren..gw mau belanja pamit ke anak gw mutiara, eeh dia bilang mommy sekalian beli kue pake sesam yah.. (Maksudnya onde2) gw bilang ajah, nggak ah, nanti mommy bikin.. Padahal kalo ada bakalan gw beliin sih, tapi ternyata ga ada, ya udah semalam gw bikin onde2.. Trus pingin coba onde2 ubi ungu, ternyata rasanya lebih enak lho dr onde2 biasa.. Agak lembut dan berasa ubi.. Enak deh pokoknya.. Lembut ga kenyal. 

Dan bikinnya juga sama ajah dg onde2 biasa tinggal di kasih ubi ungu rebus ajah.. 

Ini kemaren resep yg gw pake, resep asal2an aja sebenernya.. Ga nge google or cari2 resep soalnya kan tinggal campur2 aduk2 aja berasa kalo ud bisa di bentuk dan di isi. 





Bahan2 

Kulit : 

200 gr ubi ungu rebus
200 gr tepung beras ketan
50   gr tepung tapioka
50   gr gula pasir yg agak halus
Garam 
100 ml santan hangat (kurang lebih)

Campur jadi satu uleni hingga bisa di bentuk.

Bahan isi :

150 gr kacang hijau kupas rendam bbrp jam/malam
200 gr gula pasir
Garam
Sedikit air/santan
Daun pandan

Kukus kacang hijau 20 mnt angkat haluslan, campur bersama gula garam dan daun pandan, kasih air sedikit atau santan aduk di atas api kecil sampai mengering.

Wijen

Ambil adonan, taro isi, bulat2in, masukan ke air, baru di gulingkan ke wijen. Truz di goreng deh.

No comments:

Post a Comment