Tuesday, April 21, 2015

Martabak manise



Martabak manis

Hari ini bikin martabak manis karena permintaan temen2 untuk tulis resep di blog, sebetulnya resep ini enak., enak banget malah..  Dan yg mengejutkan besok paginya gw makan buat sarapan, dingin2 pun enak..?tapi tetep rasanya beda dg yg di abang2.. Ga tau kenapa, apa karena gw pake butter bukan blue band?.. Krn di swiss ga ada blue band, adanya butter, ada sih sebenernya margarine, tapi suami gw kurang suka pakai margarine mungkin krn  butter lebih sehat, dan lebih enak drpd margarine. Nah karena suami ga suka pakai margarine otomatis gw ga pernah beli margarine. 

Beberapa temen bilang kalo mereka bikin martabak kadang jadi kadang nggak.. Walopun dg resep yg sama.. Hmm kenapa yah?.. Apa karena fermipan/raginya udah ga bisa mengembang, atau proses mendiamkan adonan yg terlalu sebentar?.. Gw jg ga tau.. Karena bikin martabak ga perlu di uleni seperti bikin roti, cukup di campur ajah pake balon whisk/kocokan bisa jg pake sendok kayu.  Ada temen yg bilang mungkin karena loyangnya belum panas dia sudah tuangkan adonan.. Anyway.. Let's try this recipe yg gw dapat dr grup masak memasak, sayangnya temen gw ini jg ga tau dia dapat resep dr mana, dr temennya juga, jadi ini resep dr temen ke temen, hingga ke kalian temen2 gw yg baca resep ini..dan kalian pun dg bebas bisa share resep ini ke teman2 kalian.. 
Happy baking guys.. 


Bahan: 

250 gr terigu
 75 gr gula pasir 
 10 gr ragi
      garam 
      vanili 
300 ml susu cair 
    3 butir telur 
  75 gr butter lelehkan 
1/2 sdt baking soda

Topping 
Kacang
Mesis
Keju
Peanut butter
Nutella
Dll suka2


Caranya ; 
Campur terigu, gula, garam, ragi dan vanili, masukan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus di aduk. Diamkan kurang lebih 1 jam, atau sampe adonan mengembang. ( ok di sini kita bisa liat, kalo adonan ga ngembang2, bahkan ud nunggu 2 jam, mending di buang ajah tuh adonan, kayaknya ga bakalan jadi kalo mau tetep di lanjutkan, mumpung telur dan butter  belum kepake, jadinya gpp deh buang, atau km bisa lanjutin sih drpd buang tapi buat bikin crepes ajah tambahin telur dan butter yg ud di lelehin tadi, maka jadilah adonan crepes atau dadar gulung atau kulit risoles) terus sebelum melanjutkan proses pembuatan adonan, kamu bisa panaskan loyangnya/cetakan, kalo mau bikin yg mini boleh, mau y gede langsung jg boleh.
Nah kalo sudah mengembang, masukan telur yg ud kamu kocok pake garpu sebentar, masukan satu persatu sambil terus di aduk, kemudian masukan butter yg telah di lelehkan.  Terakhir masukan deh baking sodanya. Aduk2.. 

Adonan siap di taro di cetakan yg sudah panas. Ga usah di tutup dulu bbrp saat, dan masaknya dg api kecil aja, supaya bawahnya ga gosong, setelah bbrp saat adonan bisa di tutup, tunggu hingga matang. 

Nah siap deh adonan di angkat, jadilah martabak yg siap di beri topping suka2 

Enjoy your martabak..


No comments:

Post a Comment