Tuesday, March 1, 2016

Spiral Curry Puff


Spiral Curry puff 

Sebetulnya ini bukan curry puff seperti curry puff di Malaysia dan Singapore. Karena spiral curry puff gw ini, isinya sama sekali ga ada bumbu2 currynya.. Melainkan gw isi pake isian pastel biasa.. Ga ada alasan yang specific kenapa gw ga mau pake bumbu curry.. Cuma yah karena gw lagi pingin makan pastel ajah.. Tapi pingin makan curry puff juga, makanya jd lah kombinasi pastel dengan kulit spiral nya curry puff hehe. Curry puff ini buat orang Malaysia dan Singapore yah seperti makanan ringan pastel buat orang Indonesia, jadi yah banyak aja di sana. Yang gw suka dari curry puff ini.. Walaupun udah dingin, atau bahkan sisa gorengan dari kemaren spiral curry puff ini masih tetep garing dan enak di makannya. Ga seperti gorengan2 lain, yang lebih enak di makan hangat2. Makanya waah kemaren langsung goreng ajah yang banyak. Jadi besokannya ga perlu goreng2 lagi kalau kepingin hehe.. 

Cuma yah itu.. Perlu waktu sedikit lebih lama di banding bikin pastel biasa, karena proses lipat melipat dan menggulung adonannya. Tapi bener2 worthed deh. Karena hasilnya bener2 enak. 


O iya, aq ga usah kasih resep isiannya yah. Kalian bisa bikin pakai isian pastel yang seperti biasa ajah. 
Ini aq kasih resep cara bikin kulitnya aja... 


Setelah di tutup tunggu kira2 10 menit baru di pipihkan



Begitu juga dengan ini, setelah di gulung tunggu 5-10 menit hingga adonan lemas baru di pipihkan

Bahan2

Adonan minyak 

350 gr tepung terigu
50 ml minyak sayur
150 ml air hangat
Garam

Campur semua bahan, uleni hingga kalis. 

Adonan Mentega/butter

150 gr terigu
  2 sdm mentega putih/ 40 gr 
  2 sdm gr ghee/40 grclarified butter, kalau nggak ada ganti ajah dengan butter biasa) 
50 gr butter

Campur semua bahan hingga menyatu. Ga perlu di uleni.

Gw cuma kasih 50 gr butter karena gw pake 40 gr ghee. Nah ghee ini adalah clarified butter, jadi kalau mau bikin ghee 40 gr itu perlu 80 gr butter, tapi gw ga bikin sih, gw beli ghee di toko. 
Trus kalau Di Indonesia susah dapat ghee ya di ganti ajah dengan butter biasa.. 
Cuma memang sih kalau pake ghee rasanya jauh lebih enaaaakkk.. Kayak samosasnya India, kulit samosas juga pake ghee kalau mau enak. 

Langkah2 nya.. 

1. Bikin adonan minyak. (Foto no 1)
2. Bikin adonan butter. (Foto no 1)
3.  Setelah itu, masing2 adonan di Bagi 3 Dan pipihkan adonan minyak, kemudian masukan adonan butter. (Foto no 2)
  4.  Tutup tunggu 10 menit kemudian pipihkan adonan tersebut dengan menggunakan rolling pin, pelan2 yah. (foto no 3)
   5. Beri air pada permukaan adonan yang telah di pipihkan (gunanya sebagai perekat, karena kita mau gulung)
  6. Gulung ke 3 adonan tersebut. ( foto no 5) tunggu kira2 5 menit 
   7. Pipihkan lagi dengan rolling pin (foto no 6)
   8. Gulung lagi. Seperti foto no 5
   9. Nah setelah itu baru deh kita potong2.. Ketebalannya terserah, sesuai dengan maunya berapa besar kita mau bikin curry puffnya. Saya di sini potong kira2 1.5 cm  (foto no 7)
   10. Pipihkan potongan tersebut, dan siap di isi. Lanjutakn seperti membuat pastel, nanti hasil kulitnya akan berlapis2. (Foto no 8) 



No comments:

Post a Comment