Sunday, March 6, 2016

Bolu Sakura Spekuk

Sakura

Pingin banget bernostagia dengan kue2 masa kecil.. Inget banget dulu suka makan kue sakura. Langsung lah nge google resep.. Dan rata2 resep di sana hampir sama semua. Gw jg punya catatan resepnya dalam bentuk tulisan, kok yah sama. Ya udah lah kalo sama berati memamg begitu resepnya. Cuma di semua resep bilangnya 50 gr mentega, ini gw ganti butter ajah dan gw tambahin 25 gr jadi butternya gw pake 75 gr biar mantab ajah rasanya..
Trus niatnya sih pingin meng up grade rasanya akhirnya gw kasih lah bumbu lebkuchen atau bumbu spekuk.. Hahaha.. Ternyata gw kecewa berat. Habis rasanya yah jadi sama dg kue2 lebkuchen di Swiss yang ada di mana2 terutama pada saat jelang natal, pasti semua orang hampir yah hampir semua orang bikin kue lebkuchen ini. Tapi suami dan anak2 bilang kenapa kecewa kuenya mantab kok, mereka ga ngerti kecewanya gw di mana.. Gw bilang gw kecewa rasanya. Kata mereka rasanya juga enak banget kok, dan mereka tetep nggak ngerti kalau kue ini sebenernya ga pake bumbu spekuk, jadi mau nostalgia malah gagal.. Tapi kalau Di Indonesia mungkin akan menjadi sesuatu yang baru kali yah misalnya di tambahin bumbu spekuk atau green tea yang kekinian, sayang gw ga suka green tea di kue2. Walaupun gw suka banget minum green tea. Aneh yah. Tapi yah ini cuma sekedar ide gw yang gw praktekin, tapi jadi pembelajaran buat gw, lain kali kalau mau bernostalgia, ga perlu lah nambah2in rasa, karena ga jadi bernostagia itu namanya., hehe..
O iya gw juga bikin versi coklatnya. Jadi setelah semua selesai di aduk dan di kocok gw tambahin 50 gr dark chocolate yang udah gw lelehkan, udah tentu gw tambahin juga gulanya supaya kuenya tetep manis karena di tambahin coklat hitam. tapi itupun juga ga bikin kue itu lebih istimewa.. Cuma memang sih agak beda di tekstur kue itu jadi lebih sedikit lembut. Cuma yah ga beda jauh lah. Jadi kesimpulan gw, kue ini udah cukup enak apa adanya, ga usah di coba di up grade hehe.. Ok deh., buat yang mau bernostagia dg kue ini, selamat mencoba..

Resepnya..

-250 gr gula pasir
- 250 ml air matang
- 2 butir telur ayam
- 75 butter lelehkan
- 225 gr terigu
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue
- 2 sdt bumbu spekuk (kalau mau pake)

 Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan.
2. Siapkan cetakan bolu sakura, olesi dengan butter hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan.
3. Masak 125 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan.
4. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata
5. Masukkan campuran terigu, baking powder dan baking soda yang sudah diayak. Aduk rata. Masukan  butter yg telah di lelehkan secara perlahan sambil terus di aduk.
6. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai setinggi 3/4 cetakan. Sebelum dimasukkan ke dalam dandang, hentakkan agar udara yang terperangkap keluar. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

Happy baking, from my kitchen to your kitchen, baking with love

No comments:

Post a Comment