Friday, March 11, 2016

Pie susu jeruk nipis

Pie susu jeruk nipis

Pie susu jeruk nipis ini sebenernya kue yang sangat biasa ajah di America, tapi mereka sebutnya Key Lime Pie, dan rasanya enak banget.. Asem2 manis gitu deh., seger rasanya.. Dan resep pertama yang gw tulis di blog yah ini, resep key lime pie.. Tapi kalau di America jeruk key lime ini memang jenis yang sangat special dan warna dari air perasaannya itu berwarna agak kekuningan..  Dan di namakan key lime karena tumbuh di area bernama Keys di kawasan Florida. Dan biasanya di atas pienya mereka kasih meringue, tapi karena ini gw mau share di temen2 gw yang orang Indonesia dan di Indonesia pie susu itu sangat populer, dan nggak pake meringue di atasnya makanya ini jg ga gw tulis kasih meringue, cuma gw tambahin hiasan whipped d cream
Dan untuk dasar pienya mereka hanya memakai remahan biskuit. Yg di beri sedikit butter. Kue yang sangat simple dan cepat untuk di buat.
Tapi lagi-lagi karena di indonesia mereka pada umumnya membuat dasar pienya bukan dari biskuit, maka dari itu gw bikin resep ini dengan membuat sendiri dasar dr pie nya dengan standard resep yang selalu gw bikin untuk apple pie atau pie pie lainnya.
Ok lah. Cukup bicara..




Resepnya : 

Untuk dasar pie nya.. 

Gw lebih suka dasar pienya di panggang terlebih dahulu atau bahasa inggrisnya blind baking, karena setelah kita taro isiannya dalam resep ini akan kita isi dengan susu, maka pie nya akan tetap renyah, kalau kita tidak panggang terlebih dahulu, maka ada kemungkinan dasar pienya tidak renyah atau bahkan tidak matang. Apalagi susunya ini cuma kita panggang 15 menitan. Kalaupun membuat apple pie yang kita panggang lama pun gw akan selalu lakukan blind baking. 

Bahan2 : 

200 gr terigu
150 gr butter dingin potong dadu
  25 gr shortening (mentega putih) 
3-5 sdm air dingin 
Garam 

Kalau ga mau pake mentega putih jg gpp, kemaren gw pake butter semua ajah, karena kebetukan mentega putihnya habis, jd pemakaian butteryah 175 gr 
Nah biasanya gw ga suka pake mentega putih. Soalnya ga sehat, dan ga enak. Tapi gunanya shortening di sini supaya pienya flaky addduuh flaky bahasa indonesiany apa yah., pokoknya kayak renyah gitu deh.. 

Nah semua bahan di mangkok besar... Campur bahan2 tersebut kecuali air dg menggunakan food processor atau pastry blender, kalo ga punya itu yah kayak gw aja manual pake  pastry
cutter atau bisa juga pakai pisau. Seperti yg ud gw foto. Setelah tercampur dan membentuk adonan yg menyatu sebesar biji peas.kl kalao dilihat kurang  bisa menyatu campur lah adonan itu dg tangan /jari2 tangan beberapa saat saja, jangan di uleni nanti keras, pegang adonan dg kelembutan.. Setelah itu Percikan 3-5 sendok makan air es atau air dingin, gw di swiss pake air keran aja karena airnya ud cukup dingin. Setelah itu di aduk dg memakai garpu. Abis itu satukan adonan dg tangan. Pelan2 taro di meja..dg tekan adonan dengan menggunakan telapak tangan seperti yg ada di foto.. Cukup 3-4 kali aja, jangan di uleni atau memegang adonan terlalu lama, krn akan menghasilkan pastry yg keras. Setelah itu bulatkan adonan, bungkus plastik dan masukan ke dalam kulkas selama 1 jam atau lebih terserah, mau besok jg gpp. 
Setelah itu giling adonan melebar supaya bisa di taro di piring pie ukuran 25 cm yg sudah di olesi butter dan terigu. (Kalau mau pakai piring ya ng kecilan, gw ud bikinin resepnya tolong liat di blog apple pie)  Tusuk2 adonan dg garpu. Taro di kulkas bbrp saat saja hingga terasa adonan telah sedikit keras. 
Setelah itu keluarkan dr kulkas dan taro baking paper Atau aluminum foil dan isi dg pemberat pie, kalo ga punya yah seperti yg gw lukakan aja pake beras atau kacang hijau, dan setelah di pakai jangan di buang, karena bisa di pakai puluhan kali. Sayang jg soalnya kl di buang. Kalo kita mau buat lg jadi harus pake beras baru lagi deh. 
Nah setelah itu panggang selama 15 menit.. Dg panas 200 derajat, lumayan panas yah.. Lebih panas dr bikin2 kue lainnya, setelah 15 menit, angkat pemberat pie tadi dan lanjutkan memanggang hingga pie terlihat matang mungkin sekitar 20 mnt lagi, setelah itu angkat pie dan dingin kan 

sementara pie itu di panggang, kita bisa bikin isiannya.. 

* 1 kaleng susu kental manis
* 4 kuning telur
* 1/2 gelas perasan jeruk nipis
* Parutan 1 kulit jeruk nipis

Campur semua jadi satu. 

Setelah adonan dasar pie sudah matang.. 

Masukan bahan isian itu ke dalam loyang pie dan panggang di oven 15 minutes. Keluarkan dr oven., dinginkan, masukan ke kulkas..tutup dg plastik 'minimal 8 jam

Happy Baking, from my kitchen to your kitchen baking with love


2 comments:

  1. Cantik banget mba dona pie nya.. terimakasih resepnya bisa jadi alternatif kalau mau buat piie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sama-sama agak beda dengan pie susunya Indonesia ini asem2 manis hehe

      Delete