Saturday, March 19, 2016

My favorite chocolate cupcakes

Akhirnya aku keluarin juga deh.. My favorite chocolate cupcakes.. Sulit yah kalau udah punya favorit cake untuk bisa menyukai kue2 dengan resep yang beda. Tapi gw ga kapok untuk nyoba kue2 lain, baik gw nyoba bikin sendiri dengan berbagai resep chocolate cake dari berbagai sumber atau nyoba kue orang. Pasti gw balik ke resep yang ini.. Ini akhirnya gw share resep favorit cup cake gw supaya yah orang mau nyoba bikin dan ngebandingin dengan resep yan mereka punya.. Coba deh bandingin.. Kayaknya gw yakin kalau udah nyoba resep ini ga mau lagi ke resep yg lainnya. Hehe.. Karena dobel chocolate cup cake ini bener2 enak banget.. Moist banget.. Dan rasanya itu mantaaaabbbb banget.. Melt in your mouth kalau bahasa inggrisnya tuh, bahasa indonesianya apa yah? Lumer di mulut hehe.. Trus resep ini di pakein kopi.. O iya resep ini asalnya dari salah satu majalah yg suami gw pernah langganan "gourmet magazine" tapi sayang majalah itu udah nggak terbit lagi.. Padahal gw banyak belajar dari majalah itu. Dulu gw selalu menunggu kedatangan majalah itu untuk coba2 resepnya.. Nah begitu baca resep ini keliatan banget kalau kue ini akan lembut hasilnya.. Dan yang pasti enak.. Suami gw selalu bilang kalau gw jagoan banget baca resep dan cuma dengan baca gw bisa tau mana yang akan enak hasilnya atau nggak.. Dan gw jg suka combine/kombain resep untuk menghasilkan kue yang lebih enak dari resep awalnya. Nah resep ini menggunakan kopi.. Tapi kopinya ga akan begitu kerasa sih di kuenya.. Cuma warna kuenya akan menjadi lebih gelap. Kalau ga suka kopi cukup pake air panas aja. Trus juga pake coklat batangan dan coklat bubuk. Makanya namanya double chocolate. Tapi gw pingin namain kue ini dobel coklat kopi susu cupcakes ajah hehe.. Gpp kan.. Eh dan yang anehnya kue ini rasanya tuh kayak biscuit oreo lho, ga percaya? Coba ajah.. Hehe Anyway..
Resepnya : Bahan2 : - 85 gram coklat hitam batangan. - 335 ml air kopi yang panas ( kalau ga suka kopi, cukup dengan air panas saja) - 600 gr gula, (kalau ga mau pake kopi, gulanya di kurangin yah) karena gw di swiss kopinya tuh strong banget, or pahit banget. Jadi gulanya yah cukup banyak. - 350 gr tepung terigu - 150 gr bubuk coklat - 2 tsp baking soda - 1 tsp baking powder - Salt - 3 butir telur ukuran besar - 200 ml minyak sayur - 330 ml buttermilk - Vanilla Caranya : Potong2 coklat jadi kecil2, tuangkan kopi atau air panas. Biarkan meleleh. Sementara Itu di dalam wadah campurkan terigu, gula, bubuk coklat, baking soda, baking powder, dan garam. Trus, kocok telur di wadah terpisah, sampai agak mengental dan mengembang, kurang lebih 3 menit kalau pakai kitchen aid atau standing mixer, dan 5 menit kalau pake mixer tangan. Aduk coklat yg tadi kita campur dengan kopi. Sampai tercampur rata. Kemudian, masukan minyak sayur, vanilla, buttermilk dan campuran coklat dengan air kopi secara perlahan2... Dan aduk hingga semua tercampur rata. Kemudian masukan 1/4 dari campuran bahan kering (terigu dkk tadi) kocok hinga tercampur rata, kemudian masukan 1/4 lagi aduk lagi, dan selanjutnya sampa bahan2 kering tadi masuk semua ke adonan telur. Matikan mesin, dengan spatula campur semua bahan2 yang melekat pada wadah, kemudian nyalakan mesin lagi sebentar aduk hingga tercampur rata. Nah adonan akan seperti cairan yang sangat kental. Siapkan loyang cupcakes dan taro mangkok kertas di dalamnya. Kemudian tuangkan adonan ke dalamnya 2/3 cup saja, karena kue ini akan mengembang. Untuk lebih memudahkan proses ini, gw pake gelas ukuran, jadi adonan masukin dulu ke gelas ukuran, baru kemudian tuangkan ke dalam cetakan. Panggang dengan suhu 150 derajat, ini lumayan ga begitu panas yah.. Biasanya gw panggang dengan suhu 170 tapi special untuk kue ini 150 derajat. Trus.. Jangan, jangan buka open sebelum 30 menit... Nanti kalau sebelum 30 menit opennya udah di buka, kuenya ga akan mengembang dengan bagus, malah nyungsep ke dalam. Cek setelah 30 menit, kalau belum matang tambahkan bbrp menit lagi, hingga matang. Test dengan tusuk sate. Angkat dan dinginkan kuenya. Sementara itu siapkan frostingnya :
Chocolate frosting - 250 gr butter (room temperature/ softened) - 115 gr gula bubuk - 70 gr coklat bubuk - Salt - 170 ml sirup jagung + 1 sdm air - Vanilla - 227 gr coklat batangan cairkan dengan cara di tim. Cara membuatnya: Potong2 butter menjadi 5, masukan ke wadah tambahkan gula bubuk, coklat bubuk, dan garam kemudian kocok dengan perlahan hingga tercampur rata, masukan syrup jagungnya sambil terus di aduk secara perlahan, setelah semua sirup jagungnya tercampur, tambahkan kecepatan mixer, aduk hingga tercampur bagus. Kemudian masukan vanilla, dan coklat yang telah di cairkan tadi. Aduk kembali hingga tercampur rata. Selesai sudah frostingnya siap di gunakan. Happy baking, from my kitchen to your kitchen, baking with love.

No comments:

Post a Comment