Sunday, March 20, 2016

Vanilla Cupcakes

Vanilla cupcakes Ini resep kue cupcakes pertama kali gw bikin, yaitu pada tahun 2005, bulannya november, tanggalnya sekitar tanggal 23, gw inget banget, karena itu pas ulang tahun Mutiara yang ke 5, dan gw bikin kue tart trus di atasnya di kasih beberapa cupcakes.. Lagi-lagi idenya itu dari Gourmet magazine yg udah ga beredar. Nah dari th 2005 sampe sekarang kadang masih juga bikin vanilla cupcakes ini. Abis yah ini salah satu resep klasik sih ya... Kalaupun ada resep2 baru dari vanilla cupcakes ini paling beda2 dikit. Gw ga punya banyak cerita lagi mengenai vanilla cupcakes ini, cuma vanilla cupcakes ini bikin banyak temen2 happy.. Resepnya.. - 170 gr butter - 300 gr gula - 2 telur - 2 1/2 sdt baking powder - Vanilla - Garam - 310 gr terigu - 1 1/4 cup susu cair Cara membuat: Kocok butter dengan gula sampai putih dan mengembang. Masukan telur satu persatu, kocok rata. Campur terigu, garam, baking powder. Masukan 1/3nya kocok, kemudian masukan susu1/3 juga kocok lagi.. Lakukan sampai terigu dan susu habis. Terakhir masukan vanilla. Siapkan loyang cupcakes alasi dengan mangkok kertas, tuangkan adonannya 2/3 penuh. Panggang dengan suhu 170-175 derajat 20 menit. Atau sampai golden brown. Nah setelah kue matang, dan didi hinkan siapkan buttercream nya. Nah sebenernya gw agak malas ngasih resep buttercream yang biasa gw pakai, karena perlu thermometer, dah gitu agak ribet dan ada kemungkinan gagalnya juga. Cuma yah buttercream ini yang selalu gw pakai, karena rasanya kayak ice cream.. Bener selembut ice cream. Trus, tergantung gw punya apa di rumah, kalau adanya kuning telur, gw pake kuning telur 6 biji, kalau pas kebetulan gw punya putih telur, gw pake putih telur 5 biji, trus bahan2 selebihnya sama.
Buttercream 6 kuning telur atau 5 putih telur 200 gr gula pasir 1/4 cup air 500 gr butter Perasa, misalnya vanilla, atau 2-3 sdm air jeruk lemon atau yang lainnya. Bisa juga dari buah2an yang di haluskan kemudian masukan ke buttercream yang telah selesai di kocok, dan di kocok kembali beberapa saat, agar perisanya tercampur rata. Cara membuat: Siapkan gelas ukuran yang tahan panas, (gunanya untuk naro gula yang telah kita masak, dan kemudian di tuangkan ke telur yg sudah di kocok) Kocok butter sampai berubah warna dan mengembang, sisihkan. Kocok telurnya sampai memutih dan mengembang. Sementara telur di kocok, kita akan memanaskan gula yg telah dicampur air. Dengan memakai panci/pan anti lengket. Sambil di aduk2, stop mengaduk pada saat gulanya sudah mendidih. Terus masak gulanya itu sampai suhu menunjukan 120 derajat celcius. Berati itu syrup gulanya sudah sangat kental yah. Segera angkat pindahkan ke gelas ukur tahan panas. Gunanya untuk memberhentikan proses memasak. Kemudian, secara perlahan masukan ke dalam kocokan telur. Sambil telur terus di kocok. Hati2 jangan sampai kena pinggiran mangkoknya atau kocokannya harus langsung kena ke kocokan telur. Kalau gula telah masuk semua, lanjutkan mengocok, dg kecepatan rendah saja, sampai suhu telur tidak lagi panas.. Setelah suhu telur tidak hangat lagi, maka masukan butter yang telah di kocok tadi, 1 sdm - 1 sdm tiap kali memasukan, dan sambil terus di kocok, kalau keliatan buttercream nya curdle atau terpisah atau pecah, berenti masukan butter, kocok buttercream dengan kecepatan tinggi, nah setelah nggak pecah lagi, lanjutkan memasukan butternya. Sampai habis. Terakhir masukan perasa yang di inginkan. Happy baking, from my kitchen to your kitchen.. Baking with love.

No comments:

Post a Comment