Monday, March 14, 2016

Kroket / Croquette Kentang


Kroket/croquette  kentang

Kemaren bikin kroket kentang.. Gara2 masih lapar setelah makan siang ga ada nasinya.. Langsung deh 1 jam setelah makan siang gw nya masuk dapur. Liat2 isi kulkas ada apa buat bikin camilan ternyata ada kentang, wortel, daun bawang sama sedikit daging cincang.. Langsung kepikiran wah enak nih di bikin kroket kentang. Dan enak lagi.. Kebetulan udah lama jg ga makan dan belum gw tulis di blog, hehe jadi lah gw pikir sipp.. Bikin kroket kentang trus bisa sekalian nulis blog buat di share resepnya.

Gw ga tau asal muasal kroket ini, yang jelas di eropa mereka juga punya jenis kroket atau croquette, yang terbuat dari ada yang dari kentang atau cuma dari bechamel, atau ada juga yang menyebutnya bitterballen.. Jadi isian croquettes di eropa sini macam2.. Ada yang ayam saja, atau daging, ataupun risotto atau nasinya orang Itali, bahkan croquette keju pun ada.

Anyway cukup yah ngomongin kroketnya.. Uuh tapi sebenernya agak susah juga sih kalau nulis resep masakan secara gw tuh ga pernah nakar2 kalau masak.. Hadeehhh tapi gw coba deh..




Bahan kulit:

- 500  gram kentang, kupas, potong2 Kukus.
- 1 buah kuning telur
- 1/2 pala parut halus
- Lada dan garam secukupnya
- 1 sdm butter
- 1 sdm susu kental manis kalau mau

Bahan isi:
- 1 sdm butter untuk menumis
- 4 siung bawang merah, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 200 gram daging sapi cincang
- 4 batang wortel, rajang kotak kecil
- 1 batang daun bawang, rajang
- 1/4 buah pala, parut dengan parutan keju
- 3/4 gelas susu cair
- 1 sdm terigu larutkan dg susu cair sedikit
- 2 sdt maizena  larutkan dengan air sedikit
- Lada dan garam secukupnya
- gula pasir sedikit
Kemaren gw ga pake seledri jadi ga gw tulis di resep yah, kalau mau pake pasti lebih enak.


Trus siapkan juga eggwash (telur dan sedikit air) dan Bread crumbs (tepung panir)

Cara membuat

Pertama2 adalah kupas dan potong2 kentang kemudian di kukus. Sementara kentang di kukus kita siapkan bahan isiannya.

Siapkan wajan, panaskan butter hingga meleleh. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan daging cincang, aduk dan tumis hingga daging berubah warnanya.
Tambahkan wortel, aduk dan masak hingga wortel dan daging matang.  Masukan parutan pala, garam dan lada, o iya pakein sedikit gula yah, biar sedap rasanya karena gw kalau masak ga pake kaldu2an jadi selalu gw pakein gula pasir sedikit.  Nah setelah itu masukan susu cair, kemudian terigu dan maizena yang telah di larutkan dengan sedikit susu.  Masak terus isian sampe matang dan mengental.

Nah selesai kita bikin isian, selesai juga deh itu kukusan kentangnya.
Trus kita haluskan kentang dengan garpu aja, dan masukan butternya, kuning telur garam dan pala serta susu kental manis kalau mau pake. Aduk semua jadi satu. Nah siap deh untuk di isi.

Ambil kira2 1.5 sendok makan kentang, pipihkan, isi dengan bahan isian, tutup. Bulatkan membentuk lonjong atau bundar, suka-suka aja sih.  Lakukan sampe adonan habis, o iya mungkin isiannya akan sisa yah, karena isian gw sisa, sebaiknya sih bikin kentangnya sekilo tuh.

Nah setelah itu kita bulirkan ke egg wash (adukan telur dan sedikit air)  o iya pake sisa putih telur yg tadi aja kan kuningnya kita pake untuk bahan kulitnya, dan sudah tentu masih perlu di tambah lagi telurnya,  trus setelah di bulirkan di egg wash, kita bulirkan ke tepung panir. Lakukan sampe adonan habis. Kemudia siap di goreng.

Happy cooking, from my kitchen to your kitchen cooking with love.

Duh nyesel lupa foto pas bikinnya.  Tapi semoga resepnya jelas

No comments:

Post a Comment