Sunday, June 28, 2015

Japanese Creamcheese Cotton Cake

Penasaraaaan banget dg cotton cake nya jepang.., yg katanya super lembut, kalah deh chiffon cake... Hmm Google sana google sini.. Baca resep sana resep sini.. Liat bahan di rumah.. Cuma seadanya ajah.. Trus pake cream cheese pula, tadinya gw ragu waktu mau bikin pake cream cheese, karena gw ga suka banget creamcheese cake.. Tapi berhubung kebanyakan resep pake cream cheese yah terpaksalah coba aja lah pake cream cheese, di resep sih di suruh pake 250 gr cream cheese, tapi gw ga punya persediaan segitu, cuma ada 100 gr cream cheese, karena yg suka makan cream cheese di rumah yah cuma anak laki gw, kalo makan roti di olesin cream cheese and jelly, gw pikir yah coba aja lah pake 100 gr tah gw ga gitu suka cream cheese. Dan ternyata memang sih. Pas udah matang tuh kue lembuuuutt banget.. Tapiiiiii hmmm.. Gw tetep ga suka creamcheese.. Walopun pakenya cuma dikit tetep aja deh berasa cream cheese. Tapi berhubung gw udah bikin nih kue.. Ya udah lah masukin di blog ajah, gw dedikasiin aja deh buat yg suka creamcheese cake... Dan ternyata mungkin karena pake cream cheese kali yah.. Makanya rasanya kurang manis... Huaaaa huaaa., tambah malas ajah makannya.. Karena kurang manis.. Akhirnya karena inget anak gw si Iman suka makan roti pake cream cheese dan jelly.. Ya udah gw suguhinnya jg pake jelly ajah biar manis.. So.. Buat temen2 yang suka creamcheese silahkan di coba japanese creamcheese cotton cake.. 

Bahan 1 :

250 gr cream cheese 
  90 ml susu cair
 75 gr butter 

Lelehkan bahan2 di atas dg di Masak dg cara di tim. Dingin kan. 

Bahan ke 2:

6 kuning telur 
60 gr terigu
30 gr maizena
Garam 
1 sdm perasan jeruk lemon

Masukan bahan ke 2 ke bahan pertama.. Jadi setelah bahan pertama dingin, masukan kuning telur satu persatu sambil terus di aduk, trus masukan terigu dan maizena yg telah di saring, masukin atau nyampurinnya pelan2 aja yah, jadi terigu nya ga bergerindil.  Trus jangan lupa perasan jeruk lemon dan garamnya, walopun kue manis gw sll pake garam kalo masak, kalo ga pake garam, rasanya ada ajaah yg kurang, kurang sedep deh rasanya kl ga pake garam. Hehe.. Setelah itu siapkan bahan ke 3. 

Bahan ke 3:

6 putih telur 
140 gr gula 
1/2 tsp cream of tartar 

Kocok hingga kaku 

Nah setelah kaku. Masukan kocokan putih telur ini ke campuran bahan 1 dan bahan 2. Bagi 3 ajah.. Jadi ambil 1/3 dr kocokan putih telur campur hingga rata, kemudian ambil lagi 1/3 dan terakhir 1/3 lagi. Pelan2 juga nyampurnya. Hingga tercampur rata. 

O Iya sebelumnya panasin oven yah 160 derajat. Sama masak air. 
Karena kue ini harus di panggang dg cara au bain marrie. Maksudnya di panggang dg menaroh loyang kuenya di atas loyang yg ada airnya. Jadi air ya di masak dulu supaya panas, kemudian taro di loyang dan taro di oven, nah baru deh atasnya taro loyang kuenya, masak selama kira2 1 jam. Jadi deh.. Met menikmati kue nya yah.. 

O iya resep ini hasil google sana google sini.. Gw adaptasi dg sikon di rumah.. Hehe.. 

No comments:

Post a Comment