Friday, June 5, 2015

Banana Cake

Ok.. Menunggu memang kerjaan yg ga enakin.. Iseng2 nulis blog aja deh.. Tadi pagi gw bikin banana cake, tapi maaf nih, buat yg di indonesia, aq bikinnya tadi aq campur saurer halbrahm, atau light sour cream, ada ga yah di indonesia?... 
Kalo ga ada kayaknya sih gpp di skip, tapi aq belum coba.. Kalo mau di skip berati ga usah pake baking soda. 

Anyway, bingung kadang kl mau bikin kue, kue apa yah hari ini mau aq bawa buat piknik di zurich, ketemuan dg temen2 akhirnya krn ada pisang yg ud hampir coklat, kematangan bbrp hari di diemin aja tuh pisang, anak2 ga makan, ya sudah gw pikir bikin cake pisang aja lah. Dan cocok kayaknya buat piknik.. 

Gw dr dulu kalo bikin cake pisang ini ga pernah liat2 mr google, bodo amat deh dg resep2 baru orang2 krn gw ud puas banget dg resep ini yg gw ambil dr buku "cake bible" hihi namanya lucu yah pake bible segala, tapi bagus banget lho bukunya, makanya gw kl ud pake resep dr buku itu ga mau otak atik lagi, secara yg  ngaranag bener2 pro dan kue2nya bener2 ok banget. Walopun di buku ifu cuma ada basic2 cake aja sih. Lho kok gw jd cerita buku aih haha.. 

Anyway ini resepnya yah.. Tadi gw bikin bukan dg cara biasa, tapi gw campur dulu bahan2 kering baru dg bahan2 basah.. 



2 pisang skitar 225 gr ajah yah
2 sdm light sourcream
Vanilla 
Kulit lemon kl mau (ga harus)
Terigu 200 gr
Gula 170 gr 
Baking soda 1 tsp (kalo ga pake sourcream bisa di ilangin baking sodanya)
Baking powder 3/4 tsp
Garam 
Unsalted butter 142 gr 
(Must be softened)

Caranya.. 
Haluskan pisang, campur dg sourcream hg tercampur rata terus masukan telur, kulit lemon dan vanilla, aduk2. 

Di tempat terpisah, campur bahan2 kering, yaitu, terigu, gula, garam, baking soda/powder dan garam. Masukan butter dan 1/4 campuran pisang tadi. Kocok dg kecepatan rendah hingga tercampur rata, tambahkan kecepatan ke medium kl Pake standing mixer ( atau kecepatan tinggi kalo pake mixer yg di pegang dg tangan) dan kocok sekitar 2 menit utk menguatkan struktur dari kue..  Matikan mixer, dan dg spatula adonan di satukan ambil dr pinggiran mangkok spy tercampur adonan semuanya (scrape down the sides) 
Kemudian masukan sisa campuran pisang tadi 2x secara bertahap, kocok lagi setiap memasukan sisa campuran pisang tadi, ga usah lama2 cukup 20 detik aja kl pake standing mixer. Selesai, masukan ke loyang yg telah di siapkan, 
Panggang 175 derajat selama 30-40 mnt atau hingga matang, test aja yah. 
Angkat, biarkan di dlm loyang selama 10 mnt, kemudian lepaskan loyang, dan dinginkan di cooling rack. Siap di makan.. 

No comments:

Post a Comment