Saturday, June 20, 2015

Biji Salak ubi ungu

Hari pertama puasa, malah banyak postingan makanan... Makanan berbuka sih, bukan makan siang :) Sementara gw ga bikin apa2... Ada temen posting biji salak.. Uuh rasanya kok jadi kepingin banget... Akhirnya malam itu gw keluarin ubi ungu dari freezer, karena gw belinya dr toko thailand bbrp waktu lalu frozen alias beku..?Besokannya.. Pulang kerja sekitar 45 menit sebelum maghrib dg semangatnya gw ambil ubi ungu yg ud ga beku lagi. 
Cepet2 lah gw campur2, biasanya sih kalo masak2 begini gw ga pake resep lah asal2an aja campur2.. Ubi ga kasih bbrp sdm tepung tapioka,  dan masak santannya jg ga pake takaran gulanya, kira2 aja, semalam untung inget buat gw takar dulu sebelum gw taroin, krn gw mau share ajah gw mau taro di blog.. Hehe.. Biar yg lain bisa dg gampang bikinnya. 

Anyway ini resepnya yah.. Semua sekitar 300.. Hehe ada yg 300gr or ml.. 

300 gr ubi ungu
50   gr tepung tapioka
Garam 
1 sdm air (kemaren gw cuma tuang air aja sih, ga gw ukur tapi insya allah cuma 1 sdm) 

Haluskan ubi yg telah di rebus dg garpu ajah, krn gw ga punya alat2 lain selain garpu, gw rasa mereka punya tuh alat penghalus, yg biasa buat bikin mashed potatoes, tapi gw jg kalo bikin mashed potatoes malah pake balon whisk.. Soalnya empuk banget kentangnya dan masih panas jd gampang di ancurin, kemaren ubi gw dingin, secara baru keluar dr kulkas.. Nah setelah halus, taroin tepung tapiokanya dan garam, campur jd satu, setelah tercampur masukan 1sdm air, campur lagi, nanto menjadi adonan yg lembut. Dan bisa di pulung2, kecil2 aja, soalnya nanti kalo udah di rebus jadi agak mekar dikit. Nah setelah semua ud di bulet2in/pulung2 masak air hingga mendidih, masukan pulungan ubi tadi masak hingga mengambang.. 

Kemudian.. Kita bikin kuah dan santannya.. 

Utk kuah.. 
300 ml air 
50 gr gula pasir
Garam
Daun pandan
1 sdm tapioka campur air sedikit. 

Masak air dg gula, hingga gula larut,  beserta garam dan daun pandan.  Setelah itu masukan campuran tapioka dan air, masak kuah hingga mendidih dg api kecil saja. Didihkan beberapa saat. Kemudian masukan pulungan ubi masak lg sebentar ajah.

Sementara itu siapkan santannya juga sekalian. Di panci lain, jadi ga buang waktu. 

300ml santan kental 
Daun pandan
Garam

Masak santan beserta daun pandan dan garam dg api kecil, masak cukup lama yah.. Biar enak.. Dan jangan pelit pake garamnya, karena kalo agak banyakan jadi lebih gurih, enak kalo di taro di biji salaknya, jd manis2 asin.. Hehe..

Gitu ajah, itu semalam gw siapin ga nyampe setengah jam lho ud matang. Gw sih masaknya sekaligus 3 panci keluarin. Masak barengan jadi cepet. Ga buang waktu.
Ok deh selamat mencoba yah, o iya pake ubi biasa juga bisa. Ga perlu ubi ungu, dan sebetulnya gw pake gula pasir tuh karena stok gula merah gw ud menipis, maklum gw extra bawa gula merah dari jawa.. Tapi pake gula pasir juga enak kok.. Cuma agak beda ajah rasanya. Suka2 aja deh, pake gula merah juga bisa.

Nah sekarang tinggal ambil mangkok taro biji salaknya kemudian tuangkan santan di atasnya, biji salak siap di hidangkan. 

Menurut gw sih ini bisa buat 5-7 porsi, tergantung berapa banyak sih mau ngasihnya.. Hehe.. 

Met masak yah for yourself or love one.. Secara gw masak ini buat gw sendiri hehe.. 

No comments:

Post a Comment