Saturday, June 20, 2015

Kue Lumpur Fla/kue lumpur lapindo/kue lumpur with coconut cream

Uuuuhhh liat makanan lagi nih.. Puasa2...bikin kepingin aja sih.. Kali ini ada yg posting makanan kecil.. Anehnya namanya yah macam2, ada yg bilang kue lumpur lapindo, ada yg bilang kue lumpur fla, kalo gw bisa namain, gw namain kue lumpur with coconut cream kali yah, pake bahasa inggris ajah, kan di indonesia, kalo pake bahasa inggris jadi kereeeennn.. Hehe... 

Gw liat2 resep di google... Hmmm gw kurang suka dg resep flanya.. Makanya gw bikin flanya ala gw ajah... Kali ini gw lebih semangat bikinnya karena agak yakin pasti mutiara dan iman akan suka.. Ternyata emang bener. Mereka suka.. 

Alhamdulillah ada waktu tuh kemaren siang2 sambil masak rendang, yg kudu gw tungguin, drpd bolak balik dapur kan gw bisa tetep di dapur bikin kue sambil bolak balik ngaduk rendang.. Sekarang2 ini sebenernya gw ud jarang banget punya waktu kosong.. Sekalinya punya waktu,ya seneng banget lah, gw isi dg bikin kue, padahal sebenermya gw bisa aja istirahat, doing nothing or jalan2.. Or beres2 rumah, or apalah byk banget. Tapi susah deh ninggalin baking buat ngelakuin hal2 lain.. 

Dan tau nggak karena lagi puasa.. Kue dr jam 4 an udah siap tuh... Nah pas buka ud minum air, makan korma, ga sabar lah gw coba kue lumpur ini.. 

Wowwwwww.... Rasanya... Yummy bangeeeeetttt.. Sayang banget kalo orang2 masih banyak yg ga tau resep ini.. Makanya nih pagi2 bangun tidur langsung nulis buat blog.. Kayaknya sih kalo mereka udah coba resep ini.. Ga akan lagi deh coba resep2 kue lumpur fla lainnya... Memang kudu ngeluarin biaya extra., karena gw pakein kuning telur.. Kalo ngegoogle resep ini mereka ga pake kuning telur, dan gw yakin banget sih kalo resep ini jauh lebih enak.. Yah kudu di coba sendiri aja deh.. Nah kalo resep buat alasnya standard gitu aja sih, yg sangat penting tuh isinya, atau flanya yg bikin enak banget.. 

Ok deh ini resepnya.. 

Bahan utk dasarnya.. 

200 gr terigu
200 ml susu cair
200 ml santan 
2          Telur
Garam 
Pandan/pasta pandan

Campur semua bahan.. Dg balon whisk ajah di aduk2 hingga tercampur rata dan halus, ga ada yg bergerinjil.. 
Diamkan deh, sementara kita akan bikin flanya.. 
O iya itu mau pake susu cair semua gpp, mau pake santan semua jg gpp, terserah selera ajah, itu kemaren gw bikin 200 santan krn sisa dr bikin rendang.. Hehe.. Lain kali yah mungkin gw bikin dg santan semua atau susu semua.. sama2 enak.. 

Nah bahan utk fla nya.. 

500 ml santan nah karena di swiss tuh 1 kaleng santan 400 ml santan.. yah gw bikinnya 400 ml santan plus gw kasih susu cair 100 ml drpd gw harus buka kaleng lagi trus ada sisa santan..  Mending gw kasih susu cair ajah. 
100 gr gula plus 2 sdm
3 kuning telur 
3-4 sdm terigu terserah tergantung maunya kentel atau nggak. 
1 sdm maizena
Garam
Daun pandan.

Caranya.. 
Masak santan bersama 100 gr gula, garam dan daun pandan.
Sementara itu campur kuning telur,  2 sdm gula dan terigu serta maizena. Kasih air sedikit buat ngencerin ajah.. Biar gampang nanti di masukin ke santanya ga bergerindil. 

Angkat santan yg di masak tadi dari kompor, masukan campuran kuning telurnya ke santan tadi secara perlahan sambil terus di aduk.. Setelah semua tercampur kembalikan ke kompor dan masak kembali dg api kecil/sedang hingga matang atau meletup2.. 

Nah terigu dan maizenanya itu yg bikin fla kita kental atau nggak., kalo flannya mau agak cair jg bisa., kurangi aja terigunya, tapi kalo kuenya buat di bawa2 dan gampang di makannya, yah banyakin terigunya. Rasanya hampir2 sama cuma selera ajah, asal jangan kebanyakan banget terigunya, nanti malah ga enak kl kekentelan banget flanya. 

Nah baru deh kita masak tuh adonan yg udah kita siapkan.. 

Caranya tuang adonan ke cetakan kue lumpur yg telah di panaskan dan beri mentega, tutup.. Tunggu setengah matang, buka tutupnya, kita harus ambil tuh adonan yg di tengah2 yg belum matang dg sendok atau dg jarum apa tuh namanya kayak di rumah sakit-rumah sakit kalo buat nyedot darah.. Gw ga punya sih, makanya pake sendok jadinya ga rapih sih ada yg jatoh2., kalo pake suntikan sedotan kan bisa lebih gampang nyedot adonan yg belum matang, nah setelah di sedot, tutup lagi, masak hingga matang. 
Angkat... Tunggu dingin baru deh di taro flanya, nah krn gw bikin flanya kali ini agak kental makanya bisa gw masukin spuit, kalo flanya ga begitu kental cukup sendokin flanya ke cekungan kue lumpur tadi.. Seperti banyak gambar2 di google.. Mereka semua naro flanya di sendokin. 

Met mencoba yah temen2 saudara2.. Happy to share this recipe to you all.. Kalo ud coba kasih tau dong., puas or nggak dg resep ini, kalo ga puas kan bisa gw perbaiki.. 
Uuuhh how i love to bake and share., 

See you in the next recipes. Insya Allah 

No comments:

Post a Comment