Sunday, May 17, 2015

Almond Crisp and Frangepane Crisp

Gw perhatiin di indonesia lg ngetrend almond crispy.. Sebetulnya gw ud sering banget bikin almond crispy tapi bukan buat cookies, gw bikin almond crispy malah utk mangkok2an atau tempat buat gw naro desserts. Jadi misalnya mau suguhin es krim atau malah kadang buat tiramisu gw suguhin pake almond crispy ini, tapi selama ini gw ga tau kalo itu namanya almond crispy hehe.. Gw selama ini bilangnya tuile atau frangipane.  Bahkan laki gw jadi ikutin gw utk dessert menu di restoran dia, dia suguhin tiramisunya pake frangipane. Gara2nya waktu ngundang bos nya dia makan siang atau malam yah gw lupa di rumah, gw as usual cuma kebagian bikin dessert ajah, sementara dia yg masak makanan pembuka dan makanan beratnya, nah pd saat itu gw bikin dessertnya tiramisu nah pas gw suguhin dg frangipane bosnya atau pemilik restoran itu langsung terkesima. Waktu itu gw bentuk frangipane ya seperti cilinder. Diameter 3 cm tinggi 10 cm. pokoknya keren abis deh. Hehe. Anyway.. Dan bilang ke laki gw.. Kenapa km ga suguhin tiramisu ini di restoran, dg resep ini, jangan di ubah2.. Haha gw langsung seneng lah. Tapi gw jujur sih, gw akui ini bukan ide gw, melainkan ide dr buku nya Giorgio Locateli, chef terkenal pemilik restoran di itali, dan buku ini andrew dapat dari clientnya dia yg suka banget dg masakan Giorgio Locateli. Kalo gw sih buka2 buku andrew buat nyoba2 dessertnya ajah. Main couse dan appetizer gw lebih suka masakan indonesia. O iya.. Itu almond crispy atau tuile dan frangipane.. Dulu2 gw bikinnya selalu gw tambahin amareto, atau almond liquer, ga banyak2 sih, cuma buat perasa, memang lebih enak banget kl pake itu. Tapi berhubung itu haram, ya udah sekarang kl bikin ga pernah pake lagi. 
Cukup sudah cerita tentang almond crispy ini.. Sudah baca resepnya aja yah. 


Almond Crisps

105 gr gula bubuk
20 gr tepung terigu
25 gr butter lelehkan 
55 gr putih telur
100 gr irisan almond (mungkin ga kepake semua)

* campur terigu dan gula, masukan butter yg sudah di lelahkan, kocok. 
* setelah tercampur rata, masukan putih telur, kocok lagi hingga rata. 
* panaskan oven 165 derajat celcius 
* ambil loyang, alasi dg kertas roti. 
* spread ( taro adonan ke loyang sambil di pipihkan dg sendok teh) beri jarak. Bisa juga di taro di piping bag. Trus setelah di pipe, baru di ratakan dg bagian belakang sendok.
* taro di oven sekitar 5 mnt - 7 mnt. atau sampe matang. 
* tunggu dingin. 
* bisa juga selagi panas di angkat dan taro di atas botol, kalo menginginkan almond crispynya melengkung. 



Frangipani Crisps

25 gr almond bubuk, (yg sudah di haluskan) 
20 gr tepung terigu
50 gr gula bubuk
45 gr butter (lelehkan)
40 gr putih telur 

* campur terigu, bubuk almond dan gula, masukan butter yg sudah di lelahkan, kocok. 
* setelah tercampur rata, masukan putih telur, kocok lagi hingga rata. 
* diamkan bbrp saat.  
* panaskan oven 165 derajat celcius 
* ambil loyang, alasi dg kertas roti. 
* spread ( taro adonan ke loyang sambil di pipihkan dg sendok teh) beri jarak. 
* taro di oven sekitar 5 mnt - 7 mnt. atau sampe matang. 
* tunggu dingin. 
* bisa juga selagi panas di angkat dan taro di atas botol, kalo menginginkan almond crispynya melengkung. 

2 comments:

  1. Hi mba dona salam kenal... mba dona td aku baca mba dona sebut ttg tiramisu boleh ngga kapan2 dishare resepnya? Thx ya... 😊

    ReplyDelete