Saturday, July 4, 2015

Chastengel with Alp's cheese

Addduuhhh.. Kok pada minta resep kue2 lebaran.. Termasuk chastengel gw.. Padahal sebenernya resep chastengel hampir sama.. Paling beda2 dikit ajah..

Sebenernya menurut gw sih.. Yg bikin chastengel itu enak, kayaknya keju nya deh dan butternya. Kalo bisa pake keju yg mature, artinya keju nya yg tua, soalnya keju tua itu lebih berasa banget.. Dan jangan pelit2 beli keju yg murah, karena beda lho rasanya, kalo pake keju yg mahal dan bagus, chastengelnya insya Allah lebih enak. Cuma itu aja sih tip dari gw. Dan kali ini gw bikin dg keju spesial yg di bikin di pegunungan Alpen Swiss.. Hmm insya Allah ud pasti enak dong., kan swiss jg terkenal dg kejunya. Nah di swiss itu sendiri keju juga macam2.. Bahkan 1 jenis pun bisa beda2 rasanya. Tergantung tingkat ke tua annya. Kali ini gw bikin pakai keju Gruyere. Nah keju gruyere pun macam2 rasanya kalo beli di supermarket sama beli di toko spesialis keju udah jelas dong di toko spesialis keju akan lebih enak. Tapi semua tergantung kitanya. Mau rasa kejunya mantab banget atau yg mild alias yah ga terlaku ngeju banget gitu lho.. Hehe.. Kan ga semua orang suka keju. Anyway udah lah kelamaan ngomongin keju deh gw jadinya.. 

Tapi kalo gw sering baca2 dari grup2 yg bicarain masakan.. Di indonesia, mereka meng sangrai terigunya dulu, gw ga tau kenapa, mungkin karena di indonesia hawanya lembab jadi terigu supaya lebih renyah dan tahan lama dg menyangrai terigu, yg buat gw yg tinggal di swiss gw rasa ga perlu, secara di sini hawanya kering, dan kalopun kita bikin paling beberapa hari langsung habis.

O iya tip yg ada di indonesia juga mereka ngocok butternya sebentar ajah, kalian tau kan di indonesia mereka pake nya roombutter, sedangkan kita yg di swiss pakenya butter biasa. Jadi yah tetep aja kudu di kocok yah ga lama2 juga sih cukup 2-3 menit kalo pake mixer dg kekuatan spt kitchen aid, mungkin kalo pake mixer tangan yah 2x lebih lama ngocoknya. 

Trus yg gw denger juga di indonesia mereka banyak yg pake emplex/perenyah kue, gw saranin ga usah lah pake2 begituan, itu baru2 aja deh kayaknya ada, dulu2 ga ada dan kuenya enak juga kok. Ga usah nambah2in bahan kimia yg ga perlu. 

Anyway biar cepet gw tulis aja yah resep gw ini yg udah puluhan tahun gw sll pake dan pake lagi, gw udah sering pake resep2 baru dari chastengel ini, tapi akhirnya balik lagi balik lagi ke resep keluarga gw. Bahkan gw pernah coba juga tuh resep yg pake fresh cream, duh kok gw pikir ga ada bedanya ah, jadi mereka kurangin kuning telur dan pakein fresh cream, tapi gw akhirnya lebih cinta resep keluarga ini. 

Bahan:

350 gr butter 
250 gr keju tua, gw pake gruyere/cheddar 
500 gr terigu
4 kuning telur 
Garam 


Bahan olesan.. 

Kuning telur.. Secukupnya.. 

Taburan ..
Parmesan/sbrinz 
Lagi2 gw pilih parmesan/sbrinz yg bagus juga.. 

Kalo mau pakein maizena juga boleh, 2 sdm, tapi ga di pakein jg gpp.. Jd kalo pas ga ada maizena di rumah ga usah maksain beli, gw kadang make kadang nggak. 


Caranya

Kocok butter sampe agak memutih, masukan kuning telur satu persatu sambil di kocok seperlunya. 
Setelah itu masukan keju dan di aduk rata kemudia masukkan terigu, maizena dan garam. Aduk rata. 

Adonan siap di cetak deh atau di bentuk. Setelah di bentuk.. Ada yg nanya caranya.. Yah caranya., ambil sebagian adonan..trus ambil rolling pin.. Kalo punya, kalo ga punya pake botol pun jadi.. Trus adonan itu di tipiskan sekitar 1cm lah.. Dan setelah Adonan tipis tinggal di potong2 deh.. Gitu ajah kok setelah itu olesi dg kuning telur dan taburi dg parutan keju... 
Dan di panggang dg suhu 160 derajat hingga matang. 

Met mencoba yah, o iya kue ini lumayan banyak lho jadinya. 



No comments:

Post a Comment