Tuesday, July 7, 2015

Puding Sutra

Akhirnya ketemu juga hidangan pencuci mulut yg simple ga ribet, murah meriah dan sehat lho.. Dan yang penting rasanya dongggg.. Ga nyangka banget dg bahan yang sangat sederhana ini bisa menghasilkan hidangan yg terlihat mewah dan enakkkkk..yah namanya aja ud sutra., ud pasti mahal dong., kalo ini cuma keliatan mahal ajah padahal sih muraaaahh banget.. Hehe... Ide bikin puding sutra gara2 istri salah seorang ustad gw minta gw untuk ngajar bikin kue buat beberapa ibu2 jamaah pengajian.. Mikirr apaaaa yah kira2, dan gw sering tuh liat puding ini berseliweran di salah satu grup masak memasak. Tapi gw ga ada keinginan buat bikin.. Ga tau deh kenapa.. Tapi Alhamdulillah banget ada yg minta ajarin bikin kue, bikin gw cari2.. Ide.. Dan salah satunya yah puding sutra ini.. 
Dan ada beberapa temen yg dg senang hati kasih resep mereka.. Cuma resep dari indonesia, sedangkan ukuran di swiss beda.. Dg yg di indonesia.. Alhasil gw harus coba2 ajah kira2 ajah pokoknya gw tau deh dg bandingin beberapa resep, akhirnya yah hasil yg gw dapat seperti ini.. 

Bahan 
1 bungkus agar2 (8 gr)
90- 100 ml susu kental manis
350 ml air 
Vanilli

Caranya gampang banget.. Campur semua bahan, masak dg api sedang aduk2 hingga matang/mendidih., angkat... Tunggu  hingga agak dingin ga lama2 yah, maksudnya tuh tunggu aja sebentar utk di tuang ke cetakan.. Masukan ke kulkas., tunggu beberapa saat ud keras deh.. Siap di hidangkan dengan pelengkapnya seperti yg gw bikin pake buah dan saus coklat.. 
Yumm., asli enak banget., 

O iya sauce coklatnya gw cuma manasin cream trus gw tuang ke coklat yg ud gw cincang kecil2 terlebih dahulu.. Sebetulnya waktu gw google nih resep rata2 mereka kasih sausnya pake sirup, entah itu sirup marjan atau orange, dan ada juga yang pake buah leci kalengan dan di kasih sirup dr buah kalengnya itu. Cuma gw pikir supaya keliatan mewah dan rasanya juga pasti di sukai semua orang makanya gw bikin pake saus coklat. 

Tapi kalo mau bikin coklat sauce dg ukuran ok deh pake ukuran ini ajah.. 

50 gr coklat batangan
1/4 cup cream 
Kalo punya corn syrup kasih corn syrup tapi kalo ga ada yah gpp ga usah kasih. 1 sdt ajah.

Caranya 
Cincang coklat batangannya. Taro di mangkok tahan panas, sementara itu panaskan creamnya.. Setelah panas tuang ke dalam coklat tadi., tunggu sebentar, trus di aduk hingga tercampur. Jadi deh coklat saucenya. Kalo menurut kalian resep ini kekentalan tinggal ambil cream lagi, panasin lagi, trus tambahin deh, karena gw selama ini ga pake resep bikin2 sauce, asal2an ajah. 

Trus.. Cara hidanginnya, yah begitu deh ambil buah, yg ada di rumah aja, ga usah maksa beli2. Trus potong2 taro di piring kemudian tuangkan coklat saucenya. 


No comments:

Post a Comment