Sunday, July 5, 2015

Nastar


Nastar.. 
Siapa yg ga tau cookies ini?.. Tua muda, laki perempuan, kayaknya pada tau semua.. Kalo lebaran ga ada kue ini berasa ga lebaran deh., padahal di tiap rumah pasti ada nih kue.. Kalopun kita ga bikin gpp, bisa makan di rumah orang, tapi kok yah ga mantab yah kalo ga bikin sendiri.. 
Dan gw suka nastar yg rapuh.. Begitu masuk mulut langsung ngeprull..  Sama kayak kue chastengel kemaren yg gw share.. Sebenernya resep tuh hampir2 sama.. Cuma cara pengolahanya ajah yg bisa bikin nastar itu nge prull atau keras.. Yg penting jangan di uleni karena bisa membuat nastar menjadi keras.. Nastarnya retak karena pengocokan mentega yg lama, kalao gw malah suka nih nastar yg seperti gini.. Gw malah ngocoknya pake beater bukan pake whisk.. Hehe.. Lama lagi.. Tapi selera kamu deh.. Semua harus sering2 bikin hingga nastarnya berhasil seperti keinginan kamu.. Soalnya ini resep yg udah bertahub2 kakak gw dan gw pakai.. Kalo dia yg  bikin nastarnya mulus banget. Kalo gw ada sedikit retak. Tapi kalo selera yah gw lebih suka nastar gw ini., aneh yah padahal resep sama. Tapi bisa menghasilkan nastar yg berbeda.. Dan  perhatiin deh pemakaian terigu gw di sini cukup sedikit.. Karena pingin yg enak.O iya nastar enak itu rahasianya juga pada selai nanasnya.. Jangan pelit naro selai nanasnya, dan kudu enak..  Kalo selainya ga enak, yah nastarnya jadi berkurang dong enaknya. Soalnya adonan kue nya yah sama ajah ama kue2 kering lainnya, butter, terigu, kuning telor.. O iya teteeeepp yah kalo bikin kue2 kering pake butter yg bagus.. Biar hasilnya bagus juga dan memuaskan... 

Ok sekarang bikin selai nanasnya dulu.. Pertama2 parut nanas..trus.. Gw ga bisa kasih takaran gula ya karena tiap nanas kan beda2 manisnya, jadi suka2 aja yah taro gulanya, yg penting kasih cengkeh dan kayu manis, plus garam.. Masak sampe sat air dr nanas itu.. Gitu ajah pokoknya lumayan lama juga lah sampe selainya agak kering. Dan aduk2 yah supaya ga gosong. Hehe.. 

Trus bahan2 

250 gr butter 
    3 kuning telur 
   50 gr gula halus
300 gr terigu
     1 sdm maizena 
Garam

Nah dulu2, waktu masih tinggal di indonesia gw sll kasihin susu bubuk, tapi krn ud ga tinggal di indonesia lagi, trus kalo mau beli susu bubuk harus beli kaleng gede, makanya ud deh ga usah pake aja, drpd sisanya ga kepake, dan ga pake susu juga ok kok.. 

Caranya.. 

Kocok butter dg gula bbrp saat, masukan kuning telur satu persatu sambil terus di kocok.. Setelah itu masukan terigu, maizena dan garamnya. Aduk terus hingga menyatu.

Siap di bentuk deh..  

Olesan..
Kuning telur  secukupnya
Condensed milk/Susu kental manis 1 sdt

Bisa pakai cengkeh utk hiasan, dan pake cengkeh selain utk hiasan juga menambah rasa pada nastar lho, jadi lebih mantab rasanya.. 

Panggang 160 derajat celcius hingga matang. Kira2 25 menit.


No comments:

Post a Comment