Thursday, March 12, 2015

Roti tawar Gandum


Di swiss sebenernya roti2nya enak.. Tapi bukan roti tawarnya yah.. Roti2 yg lain.. Kalo roti tawarnya di swiss tetep ajah banyak pake bahan2 adduuh ga tau deh tuh bahan2nya apa aja pokoknya udah pasti ada bahan kiminya.. Soalnya kadaluarsanya yg cukup lama.. 
Jadi yah tetep ajah kadang aq tuh iseng  bikin roti tawar.. Cuma yah itu... Supaya lebih sehat bikinnya yah roti gandum.. Cuma yah ga bisa totally gamdum semua.. Karena kl ga di campur terigu biasa asli tuh roti pasti ga bisa mekar deh atau ringan.. Yg ada jadi berat.. Kalo yg di indonesia bisa aja bikinnya perbandingan 50:50 gandum dan terigu.. Tapi krn di swiss aq kasih juga  tepung dinkel ga tau deh tuh bahasa indonesianya apa.. Anyway.. 
O iya aq ga pakein gula.. Tapi di kasih madu sebagai pemanis.. Karena lebih sehat dan lebih cocok dg gandum.. Lebih terasa alaminya...
And to be honest.. This is sooooooo good., so yummmy.. Pasti ga bisa cuma makan satu,, pingin makan lagi dan makan lagi...
Resepnya.. 

Basic Whole Wheat Bread
1 cup air hangat
2 teaspoons fermipan
1 cup susu cair
1/4 cup madu
2 tablespoons minyak goreng
2 cups terigu 
2 cup whole wheat flour 
1 1/2 cup tepung dinkel
1 tablespoon salt
Caranya;
Taro fermipan di dalam air hangat, tunggu beberapa menit hingga fermipan bercampur bersama air.  Kemudian masukan susu cair, madu,minyak goreng  aduk hingga rata.. 
Kemudian masukan 2 cup terigu aduk lagi hingga tercampur rata.. Kemudian masukan sisa tepung yg belum di masukan tepung gandum dan dinkel. Aduk. Diamkan 20 mnt. 
Setelah 20 menit adonan siap di uleni.. Kalo aq sih pake mesin.. Di uleni hingga kalis.. 
Angkat adonan dr mangkok. Kemudian oleskan sedikit minyak di dalam mangkoknya. Kembalikan adonan ke dalam mangkok. Tutup mangkok dg plastik/serbet. Dan diamkan adonan kurang lebih 1 jam atau 1,5 jam. 
Setelah 1,5 jam.. Ambil adonan.. Taro di meja.. Adonan bisa di bagi 2 kalau ingin menggunakan loyang yg kecil. Bentuk bulat. Tunggu 10 mnt. Kemudian tipiskan adonan dg rolling pin. Setelah di tipiskan.. Adonan bisa di gulung atau di lipat 3 supaya roti bisa mengembang sempurna. Baru kemudian siap taro di loyang yg telah di olesi butter dan terigu. 


Diamkan 30-40 mnt, 
Siap di panggang dg panas oven 165 derajat selama kurang lebih 30-40 menit di cek aja yah. 
Angkat dinginkan dan potong2 sesuai selera.


5 comments:

  1. Waaah... keren! Makasih mba Dona untuk resepnya. Pengen coba bikin ah. Semoga ilmu yang bermanfaat yang mba Dona share ke kita ini menjadi amalan mba Dona yang ga putus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. Insya allah semoga yah.. Thx a lot utk supportnya chan..

      Delete
  2. let's join now this new game http://www.bursatogel.net
    win get money play now free new member

    ReplyDelete