Sunday, March 15, 2015

Risoles ragout sayuran / vegetarian risoles





Siapa yg ga suka risoles? Kayaknya sulit di percaya yah kalo ada yg ga suka risoles.. Bahkan bule2 pun kalo gw suguhin risoles suka banget.. Muji2 enak.. Hadeeehh kadang bule tuh suka hyperbola, kalo ngomong/ muji berlebihan.  
Gw biasanya bikin kulit risoles tuh ga pake resep.. Tapi gara2 pingin gw taro di blogg jadi kemaren pas bikin kulitnya gw taker dulu.. 
Tapi kalo isinya gw ga tulis yah resepnya.. Kemaren cuma taro2 Aja malas nimbang2.. Kadang masak tuh kita cuma perlu feeling jangan terpaku ama resep.. Jadi lama2 bisa deh masak tanpa resep.. Asal2 aja yg penting kan enak di makan. Drpd ikut resep ga enak :) iya kan.. Hehe.. 
Anyway.. 
Utk isi risoles ; gw bikin versi vegetarian yah ga pake daging2an.. Cuma sayuran ajah.. 

Onion
Wortel
Kentang
Umbi celery
Seledry
Susu cair 
Terigu bbrp sdm aja buat ngentelin and maizena
Butter
Garam, lada dan Pala 

Pertama2 tumis onion, trus masukin semua sayuran.. 
Di tempat terpisah buat adonan bechamel atau ragout.. 
Panaskan butter masukan terigu. Aduk2 sampe ga licin di panci, masukan susu sedikit2 masak sebentar.. Kemudian masukan sayuran yg ud di tumis tadi.. Jadi satu.. Kasih garam, lada dan pala o iya ama kasih gula dikit deh biar gurih mantab rasanya..  Kalo masih kurang kental bisa di tambahkan maizena. 
Kadang gw juga masaknya langsung sih ga terpisah bikin ragout nya.. Jadi setelah gw tumis sayuran gw langsung masukin susu.. Dah gitu masukij terigu dan maizenanya masak hingga meletup2.. 
Jadi terserah deh maunya langsung atau terpisah ga usah terlalu ikutin gw.. 😅

Bahan kulit 
400 gr terigu
100 gr tapioka/sagu
400 ml santan 
200 gr air krn gw pake santan kaleng thailand yg kental banget makanya gw kasih air 
300 ml susu cair 
Garam 
5 telur

P.S ; kadang gw jg pake santen semua.. Pokoknya suka2 gw masak hari itu aja feeling gw hari itu gimana.. Hehe.. Ga terlalu berpatokan sama resep. Pake santen semua jg enak banget kayaknya lebih gurih deh. Just cook and have fun.. Experience with your taste.. Yg mana yg kamu suka. Kalo ga di coba ganti2 yah ga tau gimana rasa yg lainnya. Gitu aja sih makanya gw kadang masak ga berpatokan resep. 

Campur semua jadi satu aduk2 pake balon whisk ajah.. O iya terigunya dan sagunya sebaiknya di ayak dulu jadi ga perlu saring2 utk bikin crepenya/ kulit risol ini. Tapi kalo adonan keliatan bergerindil yah mau ga mau kamu saring dulu sebelum di bikin. 

Tunggu kira2 10-15 mnt baru deh siap di bikin. 
Gitu ajah resepnya ga ada rahasianya kok.. O iya ini jadinya banyak banget yah.. Kayaknya sekitar 60 an deh atau lebih yah... Ukuran pan 20' gitu 

And happy cooking for your love one..

Baru setelah itu kulit siap di isi.. Ud tau kan langskah berikutnya stelah di sis dan di gulung. Taro di telor yg udah di aduk kemudian bulirkan di tepung panier dan siap di goreng. 

No comments:

Post a Comment