Saturday, March 21, 2015

Bakpao or Steam bun


Bakpao.. Roti kukusnya orang cina yah gw rasa asal muasalnya.. Tapi di indonesia makanan ini juga sangat umum di temui di jalan2... Abang2 dg sepedanya berjualan bakpao.. Dan semasa kecil gw seneng banget dg yg namanya bakpao.. Dan setelah mempunyai anak gw pingin menularkan kesukaan gw dg bakpao ini, karena tinggal di swiss, ga ada yg jualan bakpao ini.. Ya sudah lah.. Terpaksa bikin.. Selama ini gw sebetulnya puas dg resep yg gw pakai.. Tapi bbrp bulan lalu.. Gw liat temen gw Mila Samil.. Nah dia tuh temen gw dr SD kelas 3 temen pertama gw di SD baru, krn gw pindahan dr jakarta ke ciledug. Posting foto bakpao di fb dia, gw perhatiin fotonya kok keliatan enak nih.. Langsung lah gw tanya, untungnya yg posting temen deket gw, kadang gw suka malas lho minta2 resep hehe.. Tapi krn mila gw minta aja resepnya..  Dan begitu gw dapat resepnya, gw liat ga pake tepung tang mien seperti kebanyakan resep2 bakpao lain kl lg nge google. Langsung lah gw praktekin.. Waktu itu gw langsung bikin doble the recipe.. Biar banyak jadinya saking bakpao itu makanan kesukaan anak2 juga... Gw liat resepnya cuma 300 gr terigu, makanya gw bikin doble. Tapi gw isi daging.. Tapi kalo gw mau isi pake yg manis2 kayak kacang ijo/peanut butter n coklat cukup 1 resep ajah. Tah yg makan cuma kita ber 3.   


Anyway ini resepnya:

Untuk kulit:
terigu 300 gr 
gula halus 100 gr ( kalo utk isi yg daging gw kurangin jadi 70 gr aja)
maizena 60 gr 
150 gr air es, 
1 sachet fermipan 11 gr
1 sdt garam
½ sdt baking powder
1 putih telur (ini gw skip, alias ga pake) tapi gw kasih 
70 gr butter




Cara membuat :

Untuk kulit, 
campur 100 gr tepung terigu, maizena, gula, fermipan, air diaduk rata, diamkan 15 mnt.
Kemudian tambahkan garam, baking powder, putih telur dan sisa terigu uleni sebentar tambahkan butter uleni lagi  hingga kalis, diamkan 30 mnt - 1 jam. 

Setelah 1 jam.. Bulat2 kan adonan, besarnya sesuai selera. Tunggu sekitar 15 menit. 

Kemudian pipihkan adonan. Isi adonan dg bahan isian bulat2 kan lagi.. Diamkan 30 mnt kemudian kukus hingga matang. 

Isian kacang hijau : 
200 gr kacang hijau kupas rendam 2 jam 
100 gr gula 
300 ml santan 
Salt 
Daun pandan

Kukus kacang hijau selama 20 mnt. Kemudian angkat, masukan kacang hijau dg santan di panci bersama garam dan daun pandan, masak hingga kering. 

Isian daging cincang;
Tumis bawang putih, masukan daging cincang boleh di tambah jamur, atau sayuran apapun sesuka ajah, atau daging aja jg gpp, kasih kecap asin, saus tiram, kikkoman/soya sauce, terakhir masukan minyak wijen, lada dan garam, tambahin sedikit gula. 

Isian kacang tanah

Beli aja peanut butter and mesis, hasilnya termyata enak banget, tip ini di kasih temen gw yg orang hongkong. 😄

No comments:

Post a Comment