Sunday, March 29, 2015

Pisang Molen



Kalo lagi kepingin tuh apa yg ga bisa jadi bisa.. Kayak gw yg lagi kepingin banget pisang molen bandung.. Ga kebayang deh bisa bikinnya.. Akhirnya yah nge google deh.. Google sana google sini.. Akhirnya aq bikin deh.. Terciptalah resep ini gw sih cukup puas dg hasilnya.. Memang seditkit beda karena gw rasa mereka pake korsvet deh mentega putih, kalo kata laki gw itu ga sehat. Makanya gw bikinnya pake butter ajah semuanya. Malah mungkin lebih enak kayaknya deh drpd di campur korsvet.  Tapi kesalahan yg gw ikutin dr resep nge google tuh, mereka bilang pisangnya ga perlu di rebus/kukus dulu.. Nah kemaren otomatis pisangnya ga gw kukus/rebus.. Asli yg ada pisangnya masih kerassssa.. Adduhh kesel, sebel banget.. Mungkin mereka pada pake pisang yg udah mateng kali yah. Kemaren pisang yg gw pake belum mateng, jadi yah tetep keras. Makanya ga berani lag nulis di blog kalo hasilnya belum sempurna. Kemaren cuma taro di status fb eeh banyak yg komen dan minta resep Trus ada juga temen gw di swiss namanya fifiana, yg kasih tip kalo pisangnya di rendem dulu pake air gula. Supaya rada basah dan manis pisangnya. Bagus juga kan gw taro di status dulu resep yg belum sempurna. Jadi kebantu buat nyempurnain nih resep. 
Anyway.. Ini resepnya..  O iya ini kemaren gw cuma nyoba setengah resep dr resep yg gw tulis, di bagi 2 semuanya. Krn ga ada yg makan. 

Molen Bandung

Bahan A :
200 gr tepung terigu
2 sdm minyak goreng
150 gr butter

Bahan B:
400 gr tepung terigu
75 gula halus
160 ml susu cair
150 gr butter

Bahan olesan :
2 kuning telur
2 sdm madu
1 sdm air

Bahan isian: 
Pisang raja
Coklat mesis atau batangan terserah

Caranya

* Campur bahan A dg tangan saja. Hingga tercampur rata.Bungkus dg plastik, singkirkan dulu semtara bikin adonan B

* Campur bahan B uleni hingga kalis

*Bagi setiap bahan A dan bahan B menjadi dua bagian.

*Giling setengah adonan B memanjang hingga tipis letakan adonan A diatas adonan B lebarkan menggunakan tangan Gilas perlahan juga hingga tipis. 

*Timpah lagi dengan setengahnya adonan bahan B. Giling tipis adonan memanjang, taruh setengahnya lagi adonan bahan A lebarkan dengan tangan lalu gilas tipis perlahan. 






Kayaknya gw salah kasih tanda deh.. 😁tapi begitu lah kira2.. Ikutin langkah2nya aja

*Lalu bagi bagi adonan sama besar dan panjang berbentuk kotak potong potong lalu gilas lagi hingga tipis. Taruh pisang yang sudah dipenyetkan belah dua beri olesan butter lalu tangkupkan kembali pisangnya, cokelat diatasnya. Lalu bungkus dg adonan. 

 Oles dengan bahan olesan, letakan dioven yang sudah diolesi dengan butter dan terigu atau dg alas kertas roti. lalu taruh molen secara berdempetan seperti di photonya. Oven kurang lebih 25 hingga 30 menit dengan suhu 180○c. Keluarkan sebentar oles lagi dengan bahan olesan, oven lagi sekitar 5 menit hingga berwarna kecoklatan dan matang.

Happy baking and enjoy your molen ;)

No comments:

Post a Comment