Friday, January 2, 2015

Roti manis


Psstt.. Baking in d dark.. Mereka masih pd bobo..
Sekarang mereka baru aja bangun.. And Roti manis fresh from the oven are ready...
Sarapan di minggu pagi buat mutiara dan iman..

Ada yg mau resep? Ntar yah aq edit.. Sekarang sarapan dulu.. Sebenernya ud lama gw kl bikin manis ga pake reseptapi krn permintaan seseorang.. Jd kali ini bikin pake resep

Bahan:

500 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
2 btr telur
11 gr ragi instan
200ml susu cair
100 gr Butter
1 sdt garam

Bahan olesan:

Kocok rata: 1 telur dan air 1sdm atau 2 sdm gw ga ukur sorry

Caranya :
Gw pake methode Modified straight dough

1. Hangatkan susu cair suam2 kuku taro ragi.
2. Campur butter,gula,garam, susu powder (kl pake, krn gw pake susu cair, jd gw ga campur di sini) aduk/kocok sebentar.
3. Tambahkan telur satu satu.. Aduk lagi sebentar.
4. Masukan susu yg sudah di ada raginya.
5. Masukan terigu. Uleni deh sampe kalis.

Istirahatkan adonan 1 jam atau sampe doble the volume. Punch the dough.
timbang adonan @ 50 gr, bulatkan sempurna. Istirahatkan 10-15 menit lagi, kenapa mesti di bulet2in dulu.. Supaya gampang di bentuk atau di isi. lalu dibentuk dan diberi isi. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. Oles permukaannya dengan bahan olesan.
Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang. Angkat. Panas-panas langsung olesi permukaannya dengan butter kl mau.

Catatan: kalo di indonesia pas ga punya susu cair bisa pake susu powder trus berati susu cairnya di ganti air biasa.
O iya kl di indo pada pake bread improver yah kl mau tapi gw ga pake ud cukup empuk banget.

2 comments: