Wednesday, February 3, 2016

Cake kukus ketan hitam

Cake kukus ketan hitam.

Berawal dari temen yang nanya resep cake ketan hitam, gw bilang ga pernah bikin karena ga suka, (pernah dulu... Dulu banget yah makan kue itu trus ga enak) makanya ga pernah mikir untuk nyoba bikin. Tapi karena di tanya dan temen ini suka banget dengan cake ketan hitam, katanya dulu mamahnya kalau bikin di panggang, makanya akhirnya gw coba pingin tau resepnya, addduuh biasa deh di web tuh resep segala macam ada. Jadi bingung juga euy, mau pake yang mana. Akhirnya kembali ke asal deh, liat buku koleksi makanan gw, nah di situ ada resep putu ayu, dan di resep itu ga pake pengembang. Gw jg udah lama banget ga bikin putu ayu, akhirnya ah gw pikir gw coba ah, dari pertama gw udah yakin sih kalau kue ini akan padat. Tapi ga nyangka kalaupun padat tapi tetap lembut lho, apa karena di kukus yah. Padat gw rasa karena pemakaian tepungnya yang lumayan banyak. Plus ga pake pengembang, tapi walaupun ga pake pengembang kuenya ga bantat lho..  Walaupun mungkin lain kali gw mau coba versi yang pake pengembang. Atau kayaknya lain kali mau coba bikin chiffon cake nya. Hehe.. Walaupun pandan chiffon cake tetep favorite ternyata kemaren gw bikin chocolate gw tah suka juga, mana tau nanti dg ketan hitam gw jg akan suka. Jadi gw bikin kue ini karena pingin tau ajah gimana rasanya kue ketan hitam ini, dan rasanya not so bad.. Cuma kalau udah biasa makan chiffon cake makan kue ini jadi terasa berat.

Resepnya

5 butir telur ayam sedang/besar
150 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis
250 gr tepung beras ketan hitam
100 cc santan kental
100 cc butter di cairkan
Garam
Vanilla

Caranya
Kocok telur dan gula pasir hingga mengental banget.
Masukan garam dan vanilla
Kemudian masukan tepung ketan hitam sambil di aduk pelan (saya menggunakan mixer kecepatan rendah) trus masukan santan dan terakhir masukan butter yang telah di cairkan.
Tuang ke cetakan yang telah di beri butter dan terigu, kukus selama 30 menit.
Enjoy.

No comments:

Post a Comment