Saturday, February 20, 2016

Ketan Serikaya


Akhirnya kesampean juga bikin ketan serikaya, setelah hampir sebulan kepingin bikin.. Tapi kepentok dg bikin kue2 jenis lain, makanya jadi tertunda deh. Kalau di malaysia atau kalimantan di sebutnya serimuka.. Ga tau kenapa tuh. Sebenernya punya resep srikaya sih..udah lama di kasih temen and saudara. Tapi gw tuh aneh banget deh udah di kasih resep malah bikin resep sendiri.. Ini srikayanya gw bikin berdasarkan resep pastry cream atau creme patisserie tadinya mau pake kuning telur aja tuh, seperti kalau gw bikin pastry cream, tapi berhubung semua resep di google dan resep saudara and temen pakein juga putih telurnya alhasil jadi gw kombinasiin pemakaian telurnya. Bikinnya pun juga begitu.. Jadi srikayanya gw masak dulu sebelum di taro di atas ketan.. Seperti gw bikin pastry cream.. Baru setelah di masak di taro di lapisan atas ketan dan di kukus sebentar ajah.
Gw seneng gw suka bikin kue2 Indonesia.. Biar anak2 gw tau dan suka dengan kue2 Indonesia., kalau ga bikin sendiri waah kayaknya ga mungkin anak2 gw akan mengenal kue2 jajan pasar, jajanan mommy nya waktu kecil.. Dan biasanya mereka juga kurang mau nyoba kalo gw bawain kue dr arisan atau dr acara Indonesia, dan gw ga ngerti kenapa.


Bahan2

Lapisan bawah

500 gr ketan
400 ml santan
Garam
Daun pandan

Lapisan atas
2 telur + 2 kuning telur
400 ml santan
100 gr gula
50 gr terigu
20 gr maizena
Daun pandan
Garam


Cara membuat

Lapisan bawah

Rendam ketan kira2 2 jam, tergantung jenis ketannya yah, di sini ketannya dr thailand, 2 jam jg udah cukup. Setelah di rendam, kukus selama 20 menit. Alasi kukusan dg kertas roti, sementara mengukus ketan, kita panaskan santan sampai mendidih bersama daun pandan dan garam. Setelah itu, angkat ketan dan siramkan dengan santan hangat, kemudian taro ketan ke cetakan yang telah di olesi minyak sayur. Kukus lagi selama 20 menit. Nah sementara itu kita bisa siapkan lapisan atasnya.

Blender daun pandan bersama santan, hingga santan menjadi hijau. Di sini saya tidak merekomendasikam pemakaian pasta pandan. Karena rasa akan berbeda jika tidak menggunakan daun pandan asli.
Campur telur, kuning telur, gula, terigu dan maizena serta garam, di aduk dg ballon whisk atau cukup dg garpu. Sementara itu kita bisa panaskan santan yg telah tercampur daun pandan bersama garam hingga mendidih, kemudian angkat dan tuangkan. Ke campuran kuning telur tadi.. Sambil di aduk2.. Setelah itu di masak kembali hingga adonan meletup-letup. Angkat, dan tuangkan adonan ke lapisan ketan, dan kukus kembali selama 10 menit dengan api kecil saja. Untuk menghindari permukaan srikaya bergelombang.
Angkat dan dinginkan, baru kemudian di potong, kalau belum dingin sudah di potong, adonan srikayanya tidak akan halus potongannya..

Itu punya saya sebetulnya masih sedikit hangat sudah di potong, karena mau saya foto, tapi saya sudah harus pergi bawa kue ini ke rumah teman, hehe makanya potongannya agak kurang sempurna.

Enjoy..
From my kitchen to your kitchen, baking with love..

No comments:

Post a Comment