Sunday, February 14, 2016

Chiffon Ketan Hitam


Chiffon ketan hitam

"Wow" itu kata2 pertama yang keluar dari mulut gw begitu gw coba chiffon ketan hitam ini.. Speechless.. Ga bisa berkata2 lagi.. Kuenya moist banget.. Lembuttttt.. Trus rasanya itu lho special banget.. Berasa banget ketan hitamnya.. Bahkan gw merasa seperti makan bubur ketan hitam tapi dalam bentuk kue.. Yang jelas ga bikin kenyang walopun makan 2 potong.. Kalo makan bubur ketan hitam semangkok kan bikin kenyang banget. Trus ada perasaan seperti berkhianat.. Tau nggak kenapa gw merasa berkhianat.. Soalnya selama ini kue yg gw paling suka yah pandan chiffon cake.. Jadi pas gw makan kue ini, dan gw suka kok jadi merasa berkhianat dari pandan chiffon cake hehe.. Walaupun pas bikin chocolate chiffon cake jg ada perasaan gimanaaaa gitu.. Tapi intinya gw suka banget deh dengan yang namanya chiffon cake, karena kelembutannya dan teksturnya serta kuenya tuh ringan bangeeett.. Jd kalaupun gw dalam keadaan kenyang masih bisa deh makan tuh chiffon.. Kalo kue2 lain ka berat2 kalau keadaan kita kenyang yah nanti dulu deh untuk makan kue2 Nunggu makanannya turun dulu.
Anyway..Dulu2 kayaknya gw suka juga deh nyobain cake ketan hitam dan gw ngerasa kok ga enak, ehh ternyata rahasia nya adalah untuk bikin sendiri hehe.. Di jamin enak deh.. Apalagi coba resep gw ini, btw  di blog gw ini, gw nggak ngasih resep kue yg ga enak yah.. Resep2 yg ada di blog ini berati gw suka dan enak, kalo gw bikin kue dan ga enak gw ga masukin di blog, cukup masukin perut gw aja atau tong sampah hehe..  Resep ini sih gw adaptasi dari pandan chiffon cake yg biasa gw bikin.. Yg emang udah paling top banget deh menurut gw,  abis gw coba Google resep chiffon cake ketan hitam, kok rata2 resepnya menggunakan campuran terigu, jd ketan hitamnya cuma sedikit atau setengahnya ajah. Jd gw ga mau ah, gw pikir itu sih cuma basa basi aja penggunaan tepung beras ketan hitamnya. Jadi dengan modal nekat, gw kreasiin ajah resep pandan chiffon cakenya untuk chiffon ketan hitam ini.
Dan kue ini kemaren gw bawa ke rumah temen orang Eriteria di sana ada bbrp orang dan ada jg orang Swiss, dan mereka suka banget dengan kuenya.

Resepnya:
6 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya, jangan sampai ada kuning telur yg tercampur di putih telur, gw pake yg ukuran sedang, biasany kl bikin chiffon selalu pake 7 tapi kali ini gw mau coba pake 6 ajah dan Ternyata perfect, besarnya cukup menurut gw)
230 gr tepung ketan hitam
200 gr gula + 50 gr gula
3/4 cup santan cair
1/2 cup minyak sayur
1 sdt baking powder
Vanilla
Garam
1 sdt cream of tartar atau bisa di ganti dg 1 sdt air jeruk nipis

Caranya:
mangkok sedang, campur tepung ketan hitam 200 gr gula, baking powder dan garam. Setelah itu masukan santan,minyak sayur, kuning telur,  serta vanila, mixer hingga tercampur cukup 1-2 menit saja. Sisihkan.

Setelah itu kocok putih telur hingga berbusa, masukan cream of tartar/air jeruk nipis dan kocok hingga soft peak, setelah itu masukan sisa 50 gr gula tadi. Dan terus kocok hingga putih telur menjadi kaku, ingat yah pengocokan putih telur ini sangat kritikal, dia ini yang menentukan kuenya akan mengembang bagus atau tidak. Kalau sudah kaku tapi terus di kocok juga tidak bagus, karena putih telurnya jadi akan pecah. Nah setelah putih telur kaku. Atau bahasa inggrisnya stiff peak. Ambil sedikit putih telur campur ke adonan kuning telur tadi, aduk2 dengan menggunakan ballon whisk, setelah itu campur semua putih telur ke adonan kuning telur hingga tercampur rata. Saya tetap menggunakan balon whisk.

Setelah itu masukan adonan ke cetakan kue chiffon tanpa di olesi apapun dan siap di panggang selama kurang lebih 50 menit dengan suhu 170- derajat.

Setelah adonan matang, cetakannya di balikan sampai dingin baru kue bisa di lepas kan dari cetakannya dengan menggunakan spatula.

O iya kali ini gw cuma pake 6 telur, biasanya 7 kalo bikin chiffon, memang hasilnya lebih kecil sedikit di bandingin kalo pake 7 telur.
Iseng aja kemaren pake 6 telur. Dan cukup gede juga kok..

No comments:

Post a Comment