Monday, July 18, 2016

Castella cake

Castella cake Castella cake atau di Jepang biasa di sebut Kasutera cake. Terbuat dari telur, terigu, gula dan madu, dengan pemakaian madu ini makanya kue ini juga di sebut japanese Honey sponge cake. Ada banyak cara membuat castella cake ini, ada yang telurnya di kocok langsung hingga berjejak, atau dengan cara yang aku buat kemaren dengan memisahkan putih telur dan kuning telur. Dan aku juga memakai metode pengocokan "warm foaming" yaitu mengocok telur di atas air panas. Kenapa aku memakain metode ini, karena akan menghasilkan volume yang lebih bagus, juga stabil, dan merendahkan kemungkinan kue menjadi bantat. Kenapa aku sampai memakai 2 metode, ya karena aku ga mau kue ku gagal. Karena sponge cake ini tidak memakai bahan pengembang sama sekali, alias natural. Tetapi kuncinya di pengocokan telur yang bagus. Makanya untuk menghasilkan volume kocokan telur yang bagus apabila telur di hangatkan akan sangat bagus hasilnya di banding mengocok telur tanpa di hangatkan, kalian bisa buktikan sendiri. Tetapi kalau kalian mau memakai sistim warm foaming saja juga tidak mengapa, tidak perlu memisahkan kuning dan putih telur.
Resepnya 6 telur (pisahkan) 200 gr gula + 1 sdm gula utk mengocok putih telur 120 gr terigu (lain kali aq mau coba pakai 150 gr terigu, mungkin kuenya ga akan keriput, apabila lebih banyak terigu 50 ml madu Vanilla (mau di ganti green tea atau coklat powder jg boleh) Garam
Cara membuat: Siapkan loyang kotak panjang, alasi dengan kertas roti. Sisi2nya juga di alasi. 1. Ayak terigu, kalau perlu 2x 2. Didihkan air, kemudian matikan atau gunakan api kecil, 3. Campur gula, kuning telur dan madu, masukan vanilla dan garam. Di dalam mangkok. Taro mangkok di atas panci air panas tadi, kocok dengan mixer, selama kurang lebih 5 menit hingga adonan terlihat berjejak. Masukan terigu yang telah di ayak. 4. Kocok putih telur di mangkok terpisah. Hingga berbusa dan mengembang kemudian masukan 1 sdm gula pasir, (kalau mau di kasih sedikit cream of tartar juga boleh kasih 1/4 sdt, kalau ga mau jg gpp) lanjutkan mengocok hingga kaku. 5. Setelah itu campur kocokan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara 3 tahap. Hati2 jangan over mix, atau Jangan terlalu lama mencampurnya. Aduk secukupnya saja. 6. Masukan ke dalam loyang yang telah di sediakan. 7. Panggang dengan api 160 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit. Setelah matang olesi kuenya dengan 2 sdm madu yang telah dicampur 1 sdm air. Selagi masih hangat. Juga masih hangat. Alasi meja dengan plastik wrap, balikan kue di atasnya, bungkus kue dengan plastik wrap. Ini untuk menjaga kelembaban kuenya jadi kuenya nggak kering, taro di kulkas, diamkan hingga dingin bisa di hidangkan setelah bbrp saat atau besokannya. Selamat menikmati. From my home to your home, baking with love.

No comments:

Post a Comment