Friday, August 21, 2015

Rendang/ indonesian beef curry

Gw bikin resep ini bebebaraoa tahun lalu utk suami karena dia mau taro menu rendang di restorannya.. Dan juga mau taro di menu pas dia ada catering di art basel. Jadi selama pameran art Basel.. Di bikin lah restoran sementara.. Bener2 menakjubkan gimana restoran non permanent mereka bikin.. 

Nah setelah gw kasih resep ini.. O iya mungkin resep ini ga selengkap rendang padang yg pake asam kandis yah?..  Dan ga tau deh bumbu2 apalagi yg di oake mereka.. Atau sejenis asam apalah namaanya itu.. Gw di sini cuma pake asam tamarin, anyway. Yah dia bikin dong.. Ternyata jujur.. Rendang yg dia bikin lebih enak.. 
Gw bilang "how come? I gave you the recipe but your rendang taste better than mine?" He just laughing.. 
Dan dg resep ini ternyata ga kalah enak kok dg rendang padang.. Dan suami gw sll bilang rendang gw yah yang paling enak.. Hehe.. 
Biasanya gw cuma taro resep kue di blog ini.. Tapi gw mau simpenin resep gw buat Mutiara dan Iman.. Kalo mungkin mereka udah dewasa dan mau masak kalo mereka kangen masakan mommynya mereka bisa liat blog ini.. 

Ini lah resep rendang gw.. 

Big red chillies/ cabe merah besar 6
Shallot(asian)/bawang merah 15
Garlic/bawang putih 5-6
Galangal/laos 6 cm
Ginger/jahe 3 cm
Candle nut/kemiri 6
Salt & pepper 
Shrimp paste/terasi 1/2 tsp
Cardamom 4
Star anise 2
Cloves/cengkeh 5
Lime leaves/daun jeruk 15
Salam leave/daun salam 3
Turmeric leave/daun kunyit 1
Tamarin 1 sdt
Lemon grass/sereh 4-5
Coconut milk/santan 2 can 
Palm sugar or sugar/gula merah or gula pasir 2 sdt

Beef cube/daging sapi 1 kg

Haluskan bumbu2 yg bisa di haluskan.,, (hadeeeh lupa di pisahin tadi mana aja yg bisa di alusin).. 
( bawang merah, putih, cabe,jahe,kemiri, terasi)
Trus tumis bersama bumbu2 lainnya.. 
Kemudian masukan daging.. Masak beberapa saat.. Sampai airnya keluar., kemudian masukan santan.. Masak dg api kecil kurang lebih 3 jam. 

2 comments:

  1. Mba..blognya ok banget. Sharing aja ya, kalau rendang padang ga pake terasi & gula. Untuk rasa yg lebih gurih pakai bawang merah yg agak banyak. Biasa utk 1 kg daging saya pakai 125 gr bawang merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uuh jadi malu.. Hehe gitu yah? Aq jg ud lama kalao bikin ga pake terasi soalnya ga punya.. Ooh ok bawang merah agak banyak yah..
      Ih ini blog asal2an aja mbak.. Hehe.. Iseng buat nyimpen resep2ku ajah, abis selama ini cuma tulisan tangan.. Sekarang malah jadi rajin nulis resepnya di fb, karena jarang yg mau mampir baca blog, senengnya fb gampang sekalian mereka online kayaknya deh,, hehe. Makasih banyak ya mbak masukannya, ini Aq mau rencana bikin blognya di bagusin diikit. Tapi we'll see deh

      Delete